Kompas.com - 27/04/2021, 16:03 WIB
Bulan purnama atau supermoon terlihat, 10 Agustus 2014, di Washington, Amerika Serikat. Supermoon terjadi ketika orbit bulan paling dekat (perigee) dengan Bumi pada saat yang sama penuh. NASA/Bill IngallsBulan purnama atau supermoon terlihat, 10 Agustus 2014, di Washington, Amerika Serikat. Supermoon terjadi ketika orbit bulan paling dekat (perigee) dengan Bumi pada saat yang sama penuh.


KOMPAS.com- Sebagai alternatif hiburan Anda, ada dua fenomena alam yang akan menghiasi langit Indonesia hari ini, Selasa (27/4/2021). Dua pemandangan langit malam Ramadhan kali ini, bulan purnama supermoon dan perhelion Merkurius, jangan sampai terlewatkan.

Kedua fenomena langit tersebut akan menjadi pemandangan langit yang menarik di pekan ketiga bulan Ramadhan.

Bulan Purnama Perige atau Bulan Super (Supermoon) dan Perhelion Merkurius, berikut penjelasan lebih rincinya.

1. Bulan Super (Supermoon)

Berdasarkan keterangan resmi Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), hari ini, Selasa (27/4/2021), bulan akan berada di fase puncak bulan purnama dengan jarak geosentris 357.616 km.

Baca juga: Bulan Purnama Bantu Bebaskan Kapal Raksasa di Terusan Suez, Kok Bisa?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

Saat bulan purnama supermoon terjadi, bulan akan tampak dari Bumi dengan diameter 33,41 menit busur dan terletak di konstelasi Libra. Namun, di saat bersamaan bulan juga sedang mengalami Perigee atau jarak terdekat bulan dengan Bumi.

Perigee bulan akan terjadi pada pukul 22.29 WIB dengan jarak geosentrik 357.378 kilometer, berdiameter 33,43 menit busur dan terletak di konstelasi Libra.

"Sehingga, purnama ini dinamakan juga Bulan Super atau Supermoon, karena jaraknya cukup berdekatan dengan titik Perigee," jelas Andi Pangerang Hasanuddin selaku peneliti di Pusat Penelitian Sains Antariksa LAPAN.

Sebagai informasi, bulan purnama perige kali ini adalah seri pertama dari dua seri yang akan terjadi di tahun 2021.

Adapun, fenomena langit ini akan kembali hadir pada tanggal 26 Mei 2021 mendatang. Bulan purnama Perigee atau bulan purnama supermoon ini selalu terjadi setiap tahunnya.

Baca juga: Bulan Purnama Malam Ini Hanya Terjadi 3 Tahun Sekali, Kok Bisa?

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.