Virus Corona Baru Mirip Covid-19 Terdeteksi Ada di Kelelawar Inggris

Kompas.com - 27/04/2021, 08:03 WIB

KOMPAS.com - Virus corona baru yang mirip dengan penyebab Covid-19 telah ditemukan di Inggris. Sejauh ini, virus itu bukan ancaman bagi manusia.

Diberitakan surat kabar Inggris, Times of London, Minggu (25/4/2021) virus yang dinamai RhGB01 pertama kali ditemukan oleh seorang sarjana ekologi berusia 22 tahun, Ivana Murphy.

Dia menemukan virus itu saat mengumpulkan kotoran kelelawar untuk disertasi tahun terakhirnya,

Ini adalah pertama kalinya virus corona semacam itu ditemukan di kelelawar yang ada di Inggris.

Baca juga: 10 Orang Indonesia Terinfeksi Varian Covid-19 India, Ini 5 Fakta Mutasi Ganda

"Sejauh ini, virus (corona) Inggris ini bukan ancaman bagi manusia," kata Andrew Cunningham dari Zoological Society of London, salah satu penulis studi tentang virus tersebut.

"Domain pengikat reseptor, bagian dari virus yang menempel pada sel inang untuk menginfeksi, tidak kompatibel dengan kemampuan untuk menginfeksi sel manusia," tegasnya.

Ketakutan sebenarnya adalah jika manusia menularkan Covid-19 ke kelelawar, dan kemudian bergabung dengan RhGB01 untuk membentuk virus baru lagi.

Jika hal tersebut terjadi, itu akan menambah tantangan baru pada vaksin Covid-19 yang ada saat ini.

"Mencegah penularan virus corona SARS-CoV-2 ke kelelawar sangat penting dengan kampanye vaksinasi global saat ini untuk melawan virus ini (corona SARS-CoV-2)," kata studi tersebut, yang akan diterbitkan dalam jurnal Scientific Reports.

Diana Bell, seorang profesor di Universitas East Anglia yang juga terlibat dalam penelitian tersebut mengatakan, penelitian itu juga menyoroti risiko orang yang bersentuhan dengan kelelawar.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.