Kompas.com - 17/04/2021, 19:08 WIB
Mikroplastik ShutterstockMikroplastik

KOMPAS.com - Polusi plastik tidak hanya mengotori lautan, tetapi juga udara yang kita hirup. Bahkan, mikroplastik telah menjadi bagian dari siklus atmosfer Bumi.

Diungkapkan dalam studi baru yang dipublikasikan di jurnal PNAS, selama beberapa dekade, mikroplastik yang berukuran sangat kecil, kurang dari 5 milimeter atau bahkan hanya 10 nanometer, telah terlempar ke udara dari lautan dan jalanan.

Partikel-partikel yang sangat kecil ini kemudian terbawa angin ke berbagai benua dan mencapai lokasi-lokasi paling terpencil di Bumi.

Peneliti geologis Janice Brahney dari Utah State University mengatakan, plastik-plastik ini bukan baru dari tahun ini. Mereka berasal dari apa yang kita buang ke lingkungan selama beberapa dekade.

Brahney dan koleganya menemukan hal ini setelah mengumpulkan 313 sampel mikroplastik yang melayang di udara.

Baca juga: Mikroplastik dari Limbah Cucian Baju Mencemari Kutub Utara, Kok Bisa?

Pengumpulan sampel dilakukan antara Desember 2017 hingga Januari 2019 di 11 lokasi di bagian barat Amerika Serikat.

Dipaparkan oleh Brahney dan kolega, partikel plastik bisa ditemukan di semua lokasi yang mereka kunjungi, bahkan di tempat yang jarang ditinggali oleh manusia seperti taman nasional.

Sementara itu, konsentrasi plastik tertinggi ditemukan di atas lautan.

Hasil analisis terhadap sampel menunjukkan bahwa 84 persen plastik partikel berasal dari debu jalanan, 11 persen dari semburan laut, 5 persen dari tanah pertanian dan 0,4 persen berasal dari penduduk.

Ketika para peneliti memasukkan temuan ini ke pemodelan komputer, mereka lantas mendapati bahwa partikel plastik bisa bertahan di udara selama satu jam hingga seminggu.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X