Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Wilayah Indonesia yang Bisa Saksikan Okultasi Mars oleh Bulan Hari Ini

Kompas.com - 17/04/2021, 17:31 WIB
Ellyvon Pranita,
Shierine Wangsa Wibawa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mulai petang hingga malam nanti, Planet Mars akan mengalami okultasi oleh Bulan.

Okultasi Mars oleh Bulan adalah fenomena astronomis ketika Mars melintas di belakang Bulan, sehingga tampak tertutupi oleh Bulan selama beberapa jam.

Oleh karena itu, menurut Astronom Amatir Indonesia Marufin Sudibyo, peristiwa ini penampakannya hampir seperti gerhana, di mana Mars, Bulan dan Bumi itu menempati satu garis lurus yang sama dalam tiga dimensi.

"Hanya bedanya (dengan gerhana) karena ukuran Mars cukup kecil, jadi kita tidak bisa menyebutnya gerhana, karena ukuran Mars sangat kecil dilihat dari Bumi maka kita menyebutnya sebagai okultasi," kata Marufin kepada Kompas.com, Kamis (15/4/2021).

Berdasarkan penjelasan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Okultasi Mars oleh Bulan ini bisa terjadi karena jarak Mars ke Bumi lebih jauh dibandingkan dengan jarak Bulan ke Bumi. 

Baca juga: 11 Fenomena Langit Selama Bulan Ramadhan, Catat Jadwalnya

Okultasi Mars oleh Bulan ini akan terjadi hari ini, Sabtu (17/4/2021), pada pukul 16.25 WIB hingga 21.35 WIB.

Wilayah yang dapat menyaksikan Okultasi Mars

Wilayah yang dapat menyaksikan okultasi Mars antara lain India bagian timur, Srilanka, Nepal, Bangladesh, Myanmar, Vietnam, Kamboja, Thailand, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam dan Indonesia.

Namun, tidak semua wilayah Indonesia akan dapat mengamatinya. Sebab, Okultasi Mars hanya dapat disaksikan di Sumatera, Kalimantan, Banten, DKI Jakarta, Jawa barat, Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Sebagai informasi, okultasi Mars ini bukan kali pertama terjadi, melainkan sudah pernah terjadi di Indonesia pada 6 Desember 2015 dan 3 Januari 2017.

Setelah hari ini, okultasi Mars oleh Bulan juga akan kembali hadir pada 5 Mei 2024, 30 Juni 2035 dan 25 Januari 2034 mendatang.

Baca juga: Astronomi Ramadhan: Fase Bulan dan Hilal Penentu Awal Ramadhan

Sayangnya, kata Marufin, penampakan okultasi Mars oleh Bulan ini tidak dapat dilihat secara jelas hanya dengan mata telanjang jika kondisi cuaca dan keadaan langit tidak mendukung.

Pasalnya, polusi cahaya, mendung dan hujan, serta kondisi Planet Mars yang cenderung kecil membuat peristiwa ini sulit terlihat dengan jelas oleh mata telanjang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com