Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Studi Ungkap Ada 2,5 Miliar T-Rex yang Pernah Menghuni Bumi

Kompas.com - 16/04/2021, 18:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber Reuters

KOMPAS.com- Sebuah studi mengungkapkan fakta baru tentang Tyrannosaurus rex (T-rex). Sebelum punah 66 juta tahun yang lalu, peneliti ungkap ada 2,5 miliar T.rex yang menghuni dan meneror Bumi selama periode Zaman Kapur.

Apabila satu T-rex saja mengintai di tengah lanskap Zaman Kapur, bagaimana dengan 2,5 miliar dinosaurus pemakan daging seukuran bus sekolah ini?

Dilansir dari Reuters, Jumat (16/4/2021), para peneliti untuk pertama kalinya menghitung jumlah populasi Tyrannosaurus rex selama sekitar 2,4 juta tahun.

Spesies paling menakutkan ini, diperkirakan menghuni bagian barat Amerika Utara sebelum masa kepunahan dinosaurus.

Ada beberapa faktor yang dipertimbangkan dalam studi ini, di antaranya ukuran rentang geografis, massa tubuh T.rex, pola pertumbuhan, usia saat kematangan seksual, harapan hidup, durasi satu generasi dan total waktu hidup T.rex sebelum kepunahan 66 juta tahun yang lalu.

Baca juga: Lebih Ganas dari T-Rex, Dinosaurus Predator Ini Ditemukan di Argentina

 

Peneliti juga mengindahkan doktrin, hukum Damuth, yang menghubungkan populasi dengan massa tubuh, yakni semakin besar hewan, maka semakin sedikit individu.

Dalam analisis studi mereka menyebutkan bahwa jumlah total individu T-rex yang pernah ada sekitar 2,5 miliar, termasuk sekitar 20.000 T-rex dewasa yang hidup pada satu waktu.

Fosil dari 40 individu T.rex sejak pertama kali ditemukan telah dideskripsikan pada tahun 1905, dan memberikan banyak informasi tentang bintang paling buas dan ganas yang pernah hidup di Bumi ini.

Baca juga: Gigitan T-Rex Muda Tak Segarang Waktu Dewasa, Ini Buktinya

 

Ahli paleontologi Charles Marshall yang memimpin studi ini mengatakan bahwa spesies dinosaurus pemakan daging ini sangat ikonik.

"Pembunuh yang sangat masif dengan gigi yang sangat besar, yang tidak akan pernah Anda bayangkan sendiri, jika kami tidak memiliki catatan fosil," kata Marshall.

"Jadi tidak hanya sangat keren dan di luar imajinasi, tetapi juga nyata," imbuh Marshall.

Dalam studi yang telah diterbitkan di jurnal Science ini, peneliti menyebut bahwa T-rex adalah salah satu dinosaurus karnivora terbesar, memiliki tengkorak sepanjang 1,5 meter, rahang besar dan berotot.

Baca juga: Ilmuwan: Bayi Dinosaurus T-Rex Lahir dengan Gigi dan Siap Berburu

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com