Studi Ungkap Ada 2,5 Miliar T-Rex yang Pernah Menghuni Bumi

Kompas.com - 16/04/2021, 18:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber Reuters

KOMPAS.com- Sebuah studi mengungkapkan fakta baru tentang Tyrannosaurus rex (T-rex). Sebelum punah 66 juta tahun yang lalu, peneliti ungkap ada 2,5 miliar T.rex yang menghuni dan meneror Bumi selama periode Zaman Kapur.

Apabila satu T-rex saja mengintai di tengah lanskap Zaman Kapur, bagaimana dengan 2,5 miliar dinosaurus pemakan daging seukuran bus sekolah ini?

Dilansir dari Reuters, Jumat (16/4/2021), para peneliti untuk pertama kalinya menghitung jumlah populasi Tyrannosaurus rex selama sekitar 2,4 juta tahun.

Spesies paling menakutkan ini, diperkirakan menghuni bagian barat Amerika Utara sebelum masa kepunahan dinosaurus.

Ada beberapa faktor yang dipertimbangkan dalam studi ini, di antaranya ukuran rentang geografis, massa tubuh T.rex, pola pertumbuhan, usia saat kematangan seksual, harapan hidup, durasi satu generasi dan total waktu hidup T.rex sebelum kepunahan 66 juta tahun yang lalu.