Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gigitan T-Rex Muda Tak Segarang Waktu Dewasa, Ini Buktinya

Kompas.com - 19/03/2021, 10:03 WIB
Monika Novena,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS - Kekuatan Tyrannosaurus Rex ternyata tak dimiliki sedari muda. Sebuah penelitian baru dari University of Bristol mengungkap, sebelum mencapai usia dewasa, T-rex tak memiliki gigitan tangguh yang meremukan tulang.

Peneliti menyimpulkan hasil studi tersebut setelah melakukan pemodelan 3D berdasarkan tulang T-rex yang ditemukan sebelumnya.

Seperti dikutip dari Science Focus, Kamis (18/3/2021) pemodelan 3D mengungkap saat dewasa T-rex memiliki kekuatan gigitan sekitar 60.000 Newton.

Sementara saat dinosaurus itu masih remaja, hanya dapat menghasilkan gigitan dengan kekuatan 1200 Newton saja atau setara dengan singa dewasa.

Baca juga: Ilmuwan: Bayi Dinosaurus T-Rex Lahir dengan Gigi dan Siap Berburu

Penulis utama dan juga mahasiswa PhD geologi dari University of Bristol Andre Rowe memaparkan, tanpa gigitan untuk membunuh herbivora yang lebih besar maka T-rex muda kemungkinan besar membunuh mangsa yang lebih lemah ketika remaja.

"Kami berasumsi bahwa mereka mengejar mangsa yang lebih kecil seperti misalnya Dromaeosaurus. Sedangkan T-rex dewasa kemungkinan besar menaklukan dinosaurus besar seperti hadrosaurus berparuh bebek dn Triceratops yang akan dengan cepat terbunuh oleh gigitan yang meremukan tulang," jelas Rowe.

Peneliti juga menemukan, bahwa rahang ramping T-rex remaja tak bertambah besar seiring bertambahnya usia.

Selain itu juga mereka mengungkap bagaimana gigitan T-rex dapat menyebabkan kerusakan serius.

Menurut peneliti, tekanan dari salah satu otot yang mengendalikan mandibula (otot pterigoid bagian bawah) sangat mengurangi tekanan di dekat bagian depan rahang T-rex dewasa.

Dengan demikian, dinosaurus mempertahankan giginya yang paling kuat dan tajam serta memberikan tekanan paling besar pada gigitannya.

Studi ini juga menunjukkan, bahwa pemodelan 3D dan studi komputasi dalam paleontologi vertebrata sangat penting dilakukan.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Fosil Lengkap T-Rex Ditemukan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com