Kompas.com - 14/04/2021, 12:02 WIB

KOMPAS.com - Kemacetan di Terusan Suez akibat kapal Ever Given bulan lalu menghasilkan lonjakan polusi yang terlihat dari luar angkasa.

Saat kapal kontainer raksasa Ever Given terjebak di jalur terusan Suez, ratusan kapal lain terpaksa parkir di Laut Merah.

Dilansir BBC, Rabu (14/4/2021), kemacetan di terusan Suez ini mendorong konsentrasi sulfur dioksida (SO2) di udara hingga lima kali lipat dari tingkat normal.

SO2 adalah produk sampingan dari jenis bahan bakar minyak berat yang dibakar oleh mesin kapal.

Organisasi Maritim Internasional (IMO) saat ini tengah berupaya untuk membatasi emisi gas karena efeknya dapat merusak lingkungan dan kesehatan manusia.

Baca juga: Bulan Purnama Bantu Bebaskan Kapal Raksasa di Terusan Suez, Kok Bisa?

Kemacetan di terusan Suez

Lebih dari 350 kapal terjebak di terusan Suez, yang berlangsung sejak tanggal 23 hingga 29 Maret 2021.

Sebagian besar kapal berlabuh di ujung utara terusan Suez, di laut Mediterania.

Selagi mesin utama kapal dimatikan, kapal masih menjalankan unit daya tambahan dan boiler - dalam apa yang disebut mode "hotelling".

Hal ini menyebabkan penumpukan SO2 di atmosfer di atas laut Mediterania, yang diamati oleh satelit Sentinel-5P Uni Eropa.

Terjebaknya kapal Ever Given di Terusan Suez bulan lalu menimbulkan kemacetan. Hal ini berdampak pada lonjakan polusi sulfur dioksida yang tampak dari luar angkasa.Copernicus Data/Sentinel-5P/ADS/M. Pourshamsi via BBC Terjebaknya kapal Ever Given di Terusan Suez bulan lalu menimbulkan kemacetan. Hal ini berdampak pada lonjakan polusi sulfur dioksida yang tampak dari luar angkasa.

Pesawat ruang angkasa, yang dikelola oleh Badan Antariksa Eropa (ESA) membawa spektrometer sensitif yang disebut Tropomi, yang dapat mendeteksi berbagai jejak polutan, termasuk sulfur dioksida.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber BBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.