Kompas.com - 14/04/2021, 10:05 WIB
Ilustrasi buka puasa bersama SHUTTERSTOCK/Odua ImagesIlustrasi buka puasa bersama

KOMPAS.com - Selama bulan Ramadhan, umat muslim berpuasa, dengan tidak makan dan minum apapun sejak fajar hingga matahari terbenam.

Selama berpuasa, tubuh menggunakan simpanan karbohidrat (disimpan di hati dan otot) dan lemak untuk menyediakan energi, setelah semua kalori dari makanan yang dikonsumsi pada malam hari habis.

Karena tubuh tidak dapat menyimpan air, sehingga ginjal menghemat air sebanyak mungkin dengan mengurangi jumlah urine yang keluar.

Baca juga: Buka Puasa Bersama Saat Pandemi Covid-19, Ahli Ingatkan 3 Hal Ini

Hasil studi tentang efek puasa Ramadhan bagi kesehatan beragam, mungkin karena lamanya puasa dan kondisi cuaca yang dialami berbeda-beda, tergantung pada waktu dan negara tempat berpuasa.

Beberapa penelitian menemukan, bahwa orang yang kelebihan berat badan atau obesitas mengalami penurunan berat badan dan lemak tubuh selama Ramadhan, meskipun berat badan mereka cenderung kembali setelah Ramadhan.

Beberapa penelitian juga menunjukkan, efek puasa Ramadhan berpengaruh pada perbaikan kolesterol darah dan trigliserida (lemak dalam darah).

Ada juga beberapa penelitian kecil yang menunjukkan, bahwa puasa Ramadhan mungkin memiliki efek menguntungkan jangka pendek pada sistem kekebalan tubuh. Ini tentu penting, mengingat Ramadhan saat ini masih di tengah pandemi Covid-19.

Salah satu cara mendapatkan manfaat kesehatan selama berpuasa adalah dengan memilih makanan yang sehat, terutama saat berbuka puasa.

Apalagi, biasanya setelah berpuasa seharian, orang seringkali kalap dan mengonsumsi makanan berlebih.

Melansir British Nutrition Foundation, ketika berbuka puasa, mulailah dengan memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Selain minum air putih, Anda juga bisa mengonsumsi makanan yang kaya cairan dan mengandung gula alami untuk mengembalikan energi.

Baca juga: 3 Cara Menjaga Imunitas Tubuh Selama Berpuasa di Tengah Pandemi

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X