Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/04/2021, 17:47 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com- Setelah Malang, gempa bumi tektonik M 6,0 juga mengguncang Laut Sulawesi Utara (Sulut) sore ini, pukul 16.30 WIB, Sabtu (10/4/2021). Gempa tidak berpotensi tsunami.

Berdasarkan hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) setelah informasi pendahuluan M 6,0 gempa bumi yang terjadi memiliki parameter update M 6,1.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno MSi mengatakan bahwa episenter gempa bumi terletak pada koordinat 4,22 LU dan 124,72 BT.

Lokasi tepatnya berada di laut pada jarak 109 km arah Barat Laut Kota Tahuna, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara pada kedalaman 301 km. 

Baca juga: Gempa Malang Hari Ini, Ini Daftar Wilayah Terdampak Guncangan

 

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dalam akibat adanya aktivitas subduksi," kata Bambang.

Ia menambahkan, hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan turun atau normal fault. 

Kendati gempa tersebut berlokasi di laut, tetapi hasil pemodelan BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.

Baca juga: Gempa Hari Ini: M 6,1 Guncang Pulau Miangas Sulut, Terasa Cukup Kuat

 

Namun, getaran guncangan gempa bumi ini dirasakan di beberapa wilayah dengan skala intensitas bervariasi.

Seperti di daerah Talaud, guncangan gempa bumi ini dirasakan dengan skala intensitas III MMI, di mana getaran dirasakan nyata dalam rumah dan terasa getaran seakan-akan truk berlalu.

Sedangkan, getaran guncangan gempa di wilayah Sanana, Tobelo, Ternate dan Kao terasa dengan skala intensitas II-III MMI, di mana getaran dirasakan nyata dalam rumah dan terasa seakan truk berlalu.

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi (di Laut Sulut) tersebut," ucap dia.

Baca juga: Gempa Hari Ini: M 5,5 Guncang Kepulauan Talaud akibat Aktivitas Subduksi Sangihe

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com