Kompas.com - 10/04/2021, 17:02 WIB
Ilustrasi CT scan paru-paru, kerusakan paru-paru akibat Covid-19. Infeksi virus corona merusak paru-paru pasien Covid-19. Transplantasi paru-paru atau cangkok paru-paru menjadi satu-satunya harapan hidup pasien setelah sembuh dari Covid-19. SHUTTERSTOCK/create jobs 51Ilustrasi CT scan paru-paru, kerusakan paru-paru akibat Covid-19. Infeksi virus corona merusak paru-paru pasien Covid-19. Transplantasi paru-paru atau cangkok paru-paru menjadi satu-satunya harapan hidup pasien setelah sembuh dari Covid-19.


KOMPAS.com- Pasien Covid-19 di Jepang menjadi orang pertama di dunia yang menerima cangkok paru-paru dari pendonor hidup.

Pasien perempuan tersebut menerima bagian paru-paru dari anak laki-laki dan suaminya setelah mengalami kegagalan organ karena kerusakan organ akibat infeksi virus corona yang dialaminya.

Dikutip dari BBC Indonesia, Sabtu (10/4/2021), tim dokter do Kyoto, berharap perempuan tersebut akan sembuh total dalam beberapa bulan.

Di Jepang, daftar tunggu untuk transplantasi paru-paru utuh, yang melibatkan organ dari pendonor yang telah meninggal, sangat panjang, maupun di tempat lain.

Baca juga: Transplantasi Paru-paru Jadi Harapan Hidup Pasien Covid-19, Kenapa?

 

Operasi transplantasi paru-paru pasien Covid-19 ini di Rumah Sakit Universitas Kyoto dilakukan selama sekitar 11 jam.

Selama pandemi virus corona, puluhan prosedur transplantasi paru-paru pada pasien Covid-19 telah dilakukan di China, Eropa, dan Amerika Serikat dengan menggunakan organ dari pendonor yang telah meninggal dunia.

Akan tetapi, di Jepang, prosedur pencangkokkan organ pernapasan ini, pasien dapat menunggu sampai bertahun-tahun.

Saat pasien tersebut membutuhkan transplantasi paru-paru untuk bertahan hidup, anak laki-laki dan suaminya memutuskan untuk menyumbangkan sebagian dari paru-paru mereka.

Setelah menjadi donor untuk cangkok paru-paru untuk pasien Covid-19 asal Jepang ini, baik anak dan suami pasien tersebut telah diperingatkan akan risiko kesehatan akibat penurunan kapasitas paru-paru.

Baca juga: Untuk Kali Pertama, Pasien Covid-19 Menerima Transplantasi Paru-paru

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X