Kompas.com - 04/04/2021, 20:02 WIB
Ilustrasi bayi kembar. SHUTTERSTOCKIlustrasi bayi kembar.
-

KOMPAS.com - Menurut laporan baru-baru ini, seorang wanita di Inggris memiliki kehamilan lain saat sedang hamil.

Ini adalah kasus langka. Saat kandungan berusia 12 minggu, dokter menemukan ada janin lain. Usia kandungan kedua bayi tiga minggu.

Umumnya, ketika seorang wanita hamil, tubuhnya memulai beberapa proses biologis yang bertujuan untuk mencegah kehamilan bersamaan. Ini termasuk melepaskan hormon untuk menghentikan ovulasi.

Namun dalam kasus yang jarang terjadi, seorang wanita hamil dapat berevolusi atau melepaskan sel telur. Tak hanya itu, sel telur itu dapat dibuahi oleh sperma dan ditanamkan di dalam rahim.

Baca juga: Kelahiran Anak Kembar di Dunia Terus Meningkat, Apa Penyebabnya?

Fenomena langka, di mana dua sel telur yang telah dibuahi ditanamkan ke dalam rahim pada waktu yang berbeda dikenal sebagai superfetasi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Good Morning America, dalam kasus langka ini, si kembar dikandung dalam jarak tiga minggu.

Sang ibu, Rebecca Roberts (39), hamil untuk pertama kalinya tahun lalu. Dia mencoba hamil selama beberapa tahun dan meminum obat kesuburan.

Dilansir Live Science, Kamis (1/4/2021), pada usia kehamilan 12 minggu, dokter menemukan bayi kedua yang memiliki perbedaan usia tiga minggu dari bayi pertama. Hal ini diketahui dari hasil USG.

Karena kasus superfetasi sangat jarang, awalnya dokter yang memeriksa Rebecca tidak dapat menjelaskan perbedaan ukuran antara kedua bayi tersebut.

"Reaksi awal saya adalah, mungkin saya melewatkan kembaran si bayi," kata dr David Walker, seorang OB-GYN di RS Royal United di Bath.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.