Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[Foto] Kapal Ever Given Terjebak di Terusan Suez Tertangkap dari Luar Angkasa

Kompas.com - 29/03/2021, 11:15 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

Sumber space.com,NPR

KOMPAS.com - Terjebaknya kapal sepanjang 400 meter, Ever Given, di Terusan Suez, Mesir juga terlihat dari luar angkasa.

Satelit Dove, yang dioperasikan oleh perusahaan Planet yang berbasis di San Francisco memotret kapal Ever Given yang memblokir Terusan Suez dan kemacetan lalu lintas air yang disebabkan oleh peristiwa ini.

Satelit pengamat Bumi Pleiades buatan Airbus juga menangkap gambar close-up kapal yang terjebak pada Kamis (25/3/2021) pagi.

Kapal Ever Given terjebak di Terusan Suez pada Selasa (23/3/2021) pagi. Sejak saat itu, kapal itu menghambat lajunya kapal lain yang akan melewati rute perdagangan yang menghubungkan Laut Mediterania dan Laut Merah.

Baca juga: Manfaat Terusan Suez bagi Dunia Pelayaran

Foto satelit dari Planet Labs Inc menunjukkan kapal Ever Given masih tersangkut di Terusan Suez, dekat Mesir, pada Kamis (25/3/2021). Tersangkutnya kapal seberat 200.000 ton ini membuat Terusan Suez macet dan 150 kapal mengantre masuk.PLANET LABS INC via AP Foto satelit dari Planet Labs Inc menunjukkan kapal Ever Given masih tersangkut di Terusan Suez, dekat Mesir, pada Kamis (25/3/2021). Tersangkutnya kapal seberat 200.000 ton ini membuat Terusan Suez macet dan 150 kapal mengantre masuk.

Dilansir NPR, Kamis (25/3/2021), tim pengerukan, operator penyelamat, dan personil lainnya mulai bekerja mengeluarkan kapal Ever Given dari terusan Suez. Namun, upaya ini kemungkinan memerlukan waktu berminggu-minggu.

Hingga Minggu (29/3/2021), kapal-kapal keruk telah diturunkan untuk membersihkan pasir dan lumpur dari sekitar haluan kapal. Selain itu, dikerahkan pula kapal penarik dan mesin derek untuk memindahkan kapal.

Dilansir Space.com, Jumat (26/3/2021), perusahaan Planet berhasil memberikan gambaran luas tentang kekacauan maritim di terusan Seuz dengan menggunakan satelit Dove.

Citra satelit menunjukkan kapal raksasa Ever Given memblokir Terusan Suez.REUTERS via BBC INDONESIA Citra satelit menunjukkan kapal raksasa Ever Given memblokir Terusan Suez.

Satelit Dove berbentuk kubus, ukurannya hanya sekotak sepatu tapi bisa menangkap benda berukuran 3 meter yang ada di permukaan Bumi.

Citra satelit Dove yang diambil pada Rabu (24/3/2021) memberikan gambaran Ever Given yang relatif dekat.

Foto ini, diambil oleh salah satu satelit pencitraan milik perusahaan Planet yang bernama Dove pada 25 Maret. Gambar menunjukkan kapal kontainer Ever Given terjebak di Terusan Suez (kiri atas) dan antrian kapal yang menunggu untuk memasuki kanal dari Laut Merah. Planet Labs, Inc. Foto ini, diambil oleh salah satu satelit pencitraan milik perusahaan Planet yang bernama Dove pada 25 Maret. Gambar menunjukkan kapal kontainer Ever Given terjebak di Terusan Suez (kiri atas) dan antrian kapal yang menunggu untuk memasuki kanal dari Laut Merah.

Kemudian pada Kamis (25/3/2021), satelit Dove menangkap panaroma yang lebis luas. Potret yang diambil menunjukkan kapal Ever Given dan banyak kapal kargo yang menunggu masuk terusan Seuz di Laut Merah.

Pemandangan dari satelit Pleiades Airbus yang diambil pada Kamis (25/3/2021) pagi menunjukkan lebih detail, dengan kapal kontainer terlihat jelas. Kontainer individu di kapal dapat dilihat dalam tampilan resolusi tinggi.

Satelit observasi Bumi, Pleiades, buatan Airbus menangkap pemandangan kapal kontainer Ever Given yang terjebak di Terusan Suez pada tanggal 25 Maret 2021. Airbus Satelit observasi Bumi, Pleiades, buatan Airbus menangkap pemandangan kapal kontainer Ever Given yang terjebak di Terusan Suez pada tanggal 25 Maret 2021.

Lebih dari 350 satelit Planet telah mencapai orbit hingga saat ini, dan lebih dari 150 sedang beroperasi saat ini. Jumlah ini sering berfluktuasi, karena perusahaan secara teratur meluncurkan versi baru matanya di langit dan mengitari model lama.

Baca juga: Ilmuwan Panaskan Suhu Air, Karang dari Laut Merah ini Tidak Mati, Kok Bisa?

Perusahaan Planet menjual citra yang ditangkap oleh pesawat ruang angkasa ini kepada berbagai pelanggan, tetapi juga secara rutin merilis foto secara gratis, terutama yang untuk kepentingan umum.

Planet telah menyediakan gambar yang tersedia secara gratis yang dapat menginformasikan respons terhadap gempa bumi dan bencana alam lainnya.

Perusahaan Planet juga merilis gambar yang menangkap setelah serangan rudal Iran di pangkalan militer Irak pada Januari 2020.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com