Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[Foto] Kapal Ever Given Terjebak di Terusan Suez Tertangkap dari Luar Angkasa

KOMPAS.com - Terjebaknya kapal sepanjang 400 meter, Ever Given, di Terusan Suez, Mesir juga terlihat dari luar angkasa.

Satelit Dove, yang dioperasikan oleh perusahaan Planet yang berbasis di San Francisco memotret kapal Ever Given yang memblokir Terusan Suez dan kemacetan lalu lintas air yang disebabkan oleh peristiwa ini.

Satelit pengamat Bumi Pleiades buatan Airbus juga menangkap gambar close-up kapal yang terjebak pada Kamis (25/3/2021) pagi.

Kapal Ever Given terjebak di Terusan Suez pada Selasa (23/3/2021) pagi. Sejak saat itu, kapal itu menghambat lajunya kapal lain yang akan melewati rute perdagangan yang menghubungkan Laut Mediterania dan Laut Merah.

Dilansir NPR, Kamis (25/3/2021), tim pengerukan, operator penyelamat, dan personil lainnya mulai bekerja mengeluarkan kapal Ever Given dari terusan Suez. Namun, upaya ini kemungkinan memerlukan waktu berminggu-minggu.

Hingga Minggu (29/3/2021), kapal-kapal keruk telah diturunkan untuk membersihkan pasir dan lumpur dari sekitar haluan kapal. Selain itu, dikerahkan pula kapal penarik dan mesin derek untuk memindahkan kapal.

Dilansir Space.com, Jumat (26/3/2021), perusahaan Planet berhasil memberikan gambaran luas tentang kekacauan maritim di terusan Seuz dengan menggunakan satelit Dove.

Satelit Dove berbentuk kubus, ukurannya hanya sekotak sepatu tapi bisa menangkap benda berukuran 3 meter yang ada di permukaan Bumi.

Citra satelit Dove yang diambil pada Rabu (24/3/2021) memberikan gambaran Ever Given yang relatif dekat.

Kemudian pada Kamis (25/3/2021), satelit Dove menangkap panaroma yang lebis luas. Potret yang diambil menunjukkan kapal Ever Given dan banyak kapal kargo yang menunggu masuk terusan Seuz di Laut Merah.

Pemandangan dari satelit Pleiades Airbus yang diambil pada Kamis (25/3/2021) pagi menunjukkan lebih detail, dengan kapal kontainer terlihat jelas. Kontainer individu di kapal dapat dilihat dalam tampilan resolusi tinggi.

Lebih dari 350 satelit Planet telah mencapai orbit hingga saat ini, dan lebih dari 150 sedang beroperasi saat ini. Jumlah ini sering berfluktuasi, karena perusahaan secara teratur meluncurkan versi baru matanya di langit dan mengitari model lama.

Perusahaan Planet menjual citra yang ditangkap oleh pesawat ruang angkasa ini kepada berbagai pelanggan, tetapi juga secara rutin merilis foto secara gratis, terutama yang untuk kepentingan umum.

Planet telah menyediakan gambar yang tersedia secara gratis yang dapat menginformasikan respons terhadap gempa bumi dan bencana alam lainnya.

Perusahaan Planet juga merilis gambar yang menangkap setelah serangan rudal Iran di pangkalan militer Irak pada Januari 2020.

https://www.kompas.com/sains/read/2021/03/29/111531723/foto-kapal-ever-given-terjebak-di-terusan-suez-tertangkap-dari-luar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke