[POPULER SAINS] Fakta Makemake, yang Bikin Pluto Bukan Lagi Planet | Alasan Vaksin AstraZeneca di Sulawesi Utara Dihentikan

Kompas.com - 29/03/2021, 07:00 WIB
Ilustrasi Makemake ShutterstockIlustrasi Makemake

KOMPAS.com - Seperti kita tahu, Pluto sudah dikeluarkan dari kategori planet di Tata Surya kita.

Hal ini terjadi setelah ilmuwan menemukan benda langit yang dinamai Makemake. Nah, 6 fakta tentang Makemake menjadi salah satu berita populer Sains Kompas.com edisi akhir pekan 27-28 Maret 2021.

Selain Makemake, program vaksinasi Covid-19 dengan menggunakan AstraZeneca di Sulawesi Utara dihentikan sementara. Ini disebabkan adanya laporan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI).

Penjelasan permasalahan soal penghentian sementara program vaksinasi AstraZeneva juga menjadi salah satu berita populer.

Baca juga: [POPULER SAINS] 7 Fakta Situs Kumitir Majapahit | Cara Pengacara Kuno Cegah Penipuan

Selain itu, ada dua berita lain yang layak Anda simak. Berikut ulasannya.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.

1. Fakta Makemake, yang bikin Pluto bukan planet lagi

Sebelum para astronom mengetahui adanya sebuah benda langit yang disebut Makemake (saat ini), Pluto dikenal sebagai planet ke sembilan setelah Neptunus.

Namun, ketika para astronom menemukan benda langit 2005 FY9 pada tahun 2005, yang kemudian diganti namanya menjadi Makemake pada 2008; Pluto dihilangkan dari kategori planet di Tata Surya kita.

Berikut beberapa faktanya:

Penemukan Makemake dan namanya

Makemake pertama kali ditemukan pada 31 Maret 2005 oleh tim astronom yaitu M.E Brown, C.A. Trujillo dan D. Rabinowitz di Palomar Observatory.

Sebelum dikonfirmasi secara resmi, benda langit yang satu ini diberi nama 2005 FY9. Sementara itu, nama Makemake berasal dari dewa kesuburan Rapanui di Pulau Paskah.

Planet katai

Makemake adalah planet terkecil di luar tata surya dan berlokasi di Kuiper Belt (Sabuk Kuiper), yaitu wilayah di luar orbit Neptunus.

Planet katai paling terang kedua

Meski Makemake sedikit lebih kecil dari Pluto, ia merupakan objek paling terang kedua di Sabuk Kuiper yang terlihat dari Bumi.

Baca 3 fakta menarik lain dari Makemake, dari ukuran, jarak, orbit, hingga objek langit yang disebut mengubah sejarah Tata Surya di sini: