Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awal Virus Corona Beredar di China Tanpa Terdeteksi dari Oktober 2019, Studi Jelaskan

Kompas.com - 29/03/2021, 09:01 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com- Sejumlah peneliti di Fakultas Kedokteran University of California, University of Arizona dan Illumina Inc, menunjukkan bukti baru dari studi mengenai awal virus corona baru menyebar di Wuhan, China.

Dalam studi yang telah dipublikasikan di jurnal Science pada 18 Maret lalu menunjukkan bahwa virus corona baru yang kemudian dilabeli dengan nama SARS-CoV-2, telah beredar beberapa bulan sebelum kasus Covid-19 pertama muncul di Wuhan, China.

Bahkan, para peneliti menyebut bahwa virus corona ini telah beredar tanpa terdeteksi sejak Oktober 2019.

Dikutip dari Science Daily, Senin (29/3/2021), untuk membuktikan hal itu, para peneliti menggunakan alat penanggalan molekuler dan simulasi epidemiologi.

Virus corona SARS-CoV-2 diumumkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada awal tahun 2020, dan disebut virus ini terdeteksi pertama kali pada Desember 2019.

Baca juga: Virus Corona China Diduga Berasal dari Ular, Ini Penjelasannya

 

Namun, dalam simulasi studi yang dilakukan para peneliti ini, menunjukkan bahwa diperkirakan virus corona SARS-CoV-2 kemungkinan besar awal beredar di China tanpa terdeteksi.

Paling lama dua bulan sebelum kasus manusia pertama terinfeksi Covid-19 diumumkan muncul di Wuhan, pada akhir Desember 2019.

Dalam studi ini, para peneliti juga mencatat bahwa simulasi mereka menunjukkan virus corona yang bermutasi mati secara alami lebih dari tiga perempat waktu tanpa menyebabkan epidemi.

"Studi kami dirancang untuk menjawab pertanyaan tentang berapa lama SARS-CoV-2 dapat beredar di China sebelum ditemukan," kata penulis senior Joel O. Wertheim, profesor dari Divisi Penyakit Menular dan Kesehatan Masyarakat Global di Fakultas Kedokteran University of California, San Diego, Amerika Serikat.

Baca juga: Virus Corona Misterius China Diduga Telah Menginfeksi 1.700 Orang

 

Lantas, kapan pertama kali virus corona baru mulai beredar di China?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, para peneliti menggabungkan tiga informasi penting. Di antaranya pemahaman terperinci tentang bagaimana virus SARS-CoV-2 menyebar di Wuhan sebelum lockdown dimulai di kota tersebut.

Selain itu, mempelajari keragaman genetik virus corona China, serta laporan kasus awal Covid-19 di China.

Dengan menggabungkan garis bukti yang berbeda ini, tim peneliti menempatkan batas atas kapan virus corona baru, SARS-CoV-2 mulai beredar di Provinsi Hubei, yakni dimulai pada pertengahan Oktober 2019.

Saat awal kasus Covid-19 pertama kali dilaporkan pada akhir Desember 2019 di Wuhan, yang berada di provinsi Hubei, China tengah, virus pun menyebar dengan cepat ke luar Hubei. Otoritas China kemudian menutup wilayah tersebut dan menerapkan langkah-langkah mitigasi nasional.

Baca juga: Kronologi Virus Corona di China, dari Pasar hingga Korea Selatan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com