Kompas.com - 28/03/2021, 13:05 WIB
Ilustrasi cabai, makan pedas ShutterstockIlustrasi cabai, makan pedas
-

KOMPAS.com - Mengonsumsi makanan pedas memiliki sensasi tersendiri bagi penikmatnya, termasuk menambah nafsu makan.

 

Apalagi bagi orang Indonesia, yang kebanyakan memang menyukai makanan pedas hingga berbagai macam tingkat kepedasan yang bervariasi. 

Namun ketika Anda memakan makanan pedas seperti sambal, saus pedas, wasabi, atau camilan pedas lainnya, hidung Anda akan mendadak basah hingga mengeluarkan cairan seperti terkena 'pilek mendadak'.

Tak jarang Anda sampai membutuhkan banyak tissue untuk membersihkan cairan yang keluar dari hidung. Mengapa demikian?

Baca juga: Meski Bikin Sakit Perut, Kenapa Orang Tetap Suka Makanan Pedas?

Dilansir Mentalfloss, Rabu (5/10/2011), capsaicin adalah bahan kimia yang ditemukan terkonsentrasi di jaringan plasenta cabai dan alil isothiocyanate adalah minyak yang terkandung dalam tanaman seperti mustard dan lobak.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tumbuhan tersebut menggunakan kedua bahan kimia ini sebagai senjata biologis melawan hewan pemangsa.

Mereka mengiritasi hampir semua jaringan lunak yang bersentuhan dengannya, sehingga inilah yang mungkin menyebabkan sensasi terbakar yang luar biasa di lidah Anda.

Kemudian, ketika selaput lendir terkena bahan kimia ini, mereka menjadi meradang dan berusaha untuk menahannya dengan cara memproduksi lendir untuk menjebak alergen dan hal-hal yang tidak diinginkan lainnya.

Selanjutnya menjauhkannya dari sistem pernapasan Anda dengan mengeluarkannya melalui saluran hidung, yang membuat hidung kita menjadi basah.

Jika diperhatikan,  ketika Anda masuk angin atau hidung mampet, efek pilek dari makanan pedas dapat membuat Anda merasa sedikit lebih baik. 

Namun, jangan tertipu oleh hal itu, karena kelegaan ini hanya sementara dan justru akan memperburuk keadaan dalam jangka panjang.

Baca juga: Kenapa Makan Makanan Pedas Bikin Cegukan?

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X