Kompas.com - 21/03/2021, 12:05 WIB
Penyu tempayan (Caretta caretta) bisa menahan napas selama 10 jam di bawah laut. Penyu tempayan (Caretta caretta) bisa menahan napas selama 10 jam di bawah laut.

KOMPAS.com - Beberapa hewan laut, termasuk di antaranya penyu hijau, hiu macan, dan anjing laut berbulu Antartika telah diamati berenang dengan pola yang misterius.

Peneliti menyebut jika mahluk-mahluk tersebut berenang berputar-putar. Namun penyebab perilaku tersebut masih menjadi misteri.

Seperti dikutip dari New Scientist, Jumat (19/3/2021) peneliti dari Universitas Tokyo di Jepang Tomoko Narazaki secara tak sengaja menemukan perilaku aneh itu saat mempelajari navigasi penyu hijau (Chelonia mydas) di lepas pantai Mohéli, salah satu pulau Komoro di Samudra Hindia, dan pulau Chichijima di Jepang di Samudera Pasifik.

Baca juga: Ribuan Penyu Ditemukan Lumpuh di Lepas Pantai Texas, Apa Sebabnya?

Narazaki telah melacak pergerakan penyu hijau ketika dipindahkan dari tempat berkembang biaknya.

Data pelacakan kemudian menunjukkan, pergerakan penyu yang berputar-putar ketika kembali ke perairan pantai dari tempat mereka bersarang.

Menurut peneliti, seekor penyu berenang dalam lingkaran besar sebanyak 76 kali dengan setiap putaran membutuhkan waktu 16 hingga 20 detik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Awalnya, Narazaki mengira bahwa penanda pelacakan pada penyu yang telah dipasang mungkin rusak.

Penanda yang digunakan pada penyu tersebut memiliki resolusi spasial yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan kebanyakan pelacak GPS.

Penanda tersebut dapat melacak pergerakan 3D hewan dan memperbaharui setiap detik dengan merekam informasi kedalaman, akselerasi, dan magnetis.

Narazaki pun mengonfirmasi temuannya dengan rekannya yang menggunakan penanda pelacakan 3D yang sama dengan hewan lainnya.

Ternyata ia dan rekannya menemukan, bahwa hewan yang berenang dengan pola lingkaran tak hanya penyu.

Baca juga: Sangat Terancam Punah, Penyu dengan Wajah Tersenyum Berhasil Selamat

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X