Serangga Bantu Penyerbukan Sejak 47 Juta Tahun Lalu, Ini Buktinya

Kompas.com - 13/03/2021, 11:03 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

KOMPAS.com- Serangga terbukti telah melaksanakan tugasnya untuk melakukan penyerbukan sejak 47 juta tahun yang lalu.

Hal tersebut terungkap setelah para ilmuwan menemukan fosil lalat berumur 47 juta tahun dengan perut buncit yang penuh dengan serbuk sari.

Penemuan ini merupakan bukti pertama bahwa beberapa spesies lalat purba berurat kusut pernah memakan mikrospora tumbuhan subtropis yang berbeda.

"Kandungan serbuk sari yang kaya di perut lalat menunjukkan bahwa lalat sudah memberi makan dan mengangkut serbuk sari 47 juta tahun yang lalu. Ini menunjukkan serangga memainkan peran penting dalam penyebaran serbuk sari dari beberapa taksa tumbuhan," kata Fridgeir Grímsson, ahli botani dari Universitas Wina, Austria.

Saat memikirkan penyerbukan, kebanyakan orang akan segera membayangkan burung, lebah, atau kupu-kupu. Sangat sedikit yang menganggap lalat sebagai serangga penyerbuk yang ternyata sama pentingnya dalam proses ini.