Kompas.com - 13/03/2021, 09:03 WIB
Ilustrasi cuaca, pancaroba, peralihan musim hujan ke musim kemarau. ShutterstockIlustrasi cuaca, pancaroba, peralihan musim hujan ke musim kemarau.


KOMPAS.com- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan bahwa akhir Maret 2021, sebagian besar wilayah Indonesia akan mengalami peralihan musim, maka diimbau waspada potensi cuaca ekstrem, seperti hujan lebat hingga fenomena hujan es.

Berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer-laut dari BMKG, fenomena La Nina dan Monsun Asia berperan penting dalam keadaan di periode peralihan musim ini.

1. Fenomena La Nina

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto dalam keterangan tertulisnya, Kamis (11/3/2021) mengatakan bahwa fenomena La Nina masih dapat berlangsung hingga Mei 2021 mendatang dengan intensitas lemah hingga normal.

"Kondisi tersebut masih dapat berkontribusi pada peningkatan massa udara basah dan lembab di sekitar wilayah Indonesia," kata Guswanto.

Baca juga: BMKG: Peralihan Musim, Perairan Indonesia Waspada Gelombang Tinggi

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

2. Fenomena Monsun Asia

Sementara itu, menjelang peralihan musim, saat ini fenomena Monsun Asia masih cukup aktif. Kondisi ini mengakibatkan aliran massa udara dari wilayah Belahan Bumi Utara (BBU) masih berkontribusi terhadap pembentukan awan hujan, terutama di wilayah Indonesia bagian barat yang perlu waspada terhadap potensi hujan lebat.

Monsun Asia mulai memasuki periode pelemahan pada akhir Maret 2021 yang mengindikasikan bahwa periode puncak musim hujan di sebagian wilayah Indonesia mulai berakhir.

"Sehingga dapat dikatakan bahwa sebagian besar wilayah Indonesia akan memasuki periode peralihan musim hujan ke musim kemarau mulai akhir Maret 2021," jelasnya.

Baca juga: Banjir di Mana-mana, Benarkah Musim Hujan Tahun Ini Lebih Basah?

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.