Kompas.com - 10/03/2021, 19:03 WIB

KOMPAS.com - Hari Ginjal Sedunia (World Kidney Day atau WKD) jatuh setiap
Kamis, pada minggu kedua di bulan Maret. Tahun ini, Hari Ginjal Sedunia diperingati Indonesia dan dunia pada tanggal 11 Maret 2021.

Momen ini menjadi pengingat bagi kita untuk tetap waspada terhadap penyakit ginjal yang mengintai. 

Bagaimanapun, penyakit ginjal sangat berpengaruh terhadap kualitas hidup seseorang.

Banyak pasien gagal ginjal kronik (PGK)mengalami penurunan kualitas hidup karena komplikasi dari penyakit hingga pengobatan yang banyak mencakup obat, pembatasan cairan, diet, hingga terapi pengganti ginjal.

Penurunan kualitas hidup ini bukan hanya dirasakan oleh PGK saja, namun juga dapat berpengaruh pada pendamping atau keluarga pasien.

Lalu, bagaimana caranya agar kualitas hidup PGK dan keluarga pasien tetap stabil?

Baca juga: Mengapa Pasien Gagal Ginjal Kronik Perlu Transplantasi Ginjal?

Ketua Umum Perhimpunan Nefrologi Indonesia (PERNEFRI), dr. Aida Lydia, PhD., SpPD, K-GH mengatakan bahwa penurunan kualitas hidup pasien atau keluarga PGK akan memengaruhi komdisi klinis pasien dan kepuasan pasien terhadap pengobatan.

Kualitas hidup ini dinilai sangat penting. Ini adalah salah satu upaya agar pasien dapat “berdamai” dengan penyakit ginjal, sehingga diharapkan mampu mencapai hidup yang berkualitas bersama penyakit ginjal.

"Oleh karena itu, penanganan pasien PGK tidak hanya sebatas aspek medis, tetapi juga harus mempertimbangkan penilaian atas harapan, tujuan serta target pengobatan dari pasien dan keluarganya," jelas dr Aida dalam webinar yang diselenggarakan oleh World Kidney Day mengusung tema ‘Living Well with Kidney Disease' , Rabu (10/3/2021)

Ia menegaskan, sekitar sepertiga PGK belum mengetahui benar mengenai penyakitnya, progresifitas atau perjalanan penyakitnya serta modalitas terapi yang ada setelah mengalami penyakit ginjal tahap akhir (PGTA) atau gagal ginjal terminal.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.