Kompas.com - 10/03/2021, 12:02 WIB

KOMPAS.com - Mantan pemain voli putri Tim Nasional (Timnas) Indonesia Aprilia Manganang dipastikan seorang pria.

Hal ini seperti diutarakan langsung Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa dilansir dari Kompas TV, Selasa (9/3/2021).

Menurut Andika, Aprilia Manganang yang juga merupakan prajurit TNI aktif dengan pangkat Sersan Dua (Serda) itu telah menjalani pemeriksaan medis sejak 3 Februari 2021.

Jenderal bintang empat itu menegaskan bahwa Aprilia Manganang lahir sebagai laki-laki dengan memiliki kelainan yang disebut hipospadia.

"Sersan Manganang ini bukan transgender, bukan juga interseks. Tidak masuk dalam kategori itu semua," kata Andika Perkasa di Mabes AD dalam konferensi pers, Selasa (9/3/2021).

"Saya tahu definisinya dan tim dokter pun tahu semua definisinya. Karena memang kelainan yang dialami adalah hipospadia. Jadi selalu kembalikan ke situ," imbuh dia.

Baca juga: Dialami Aprilia Manganang Sejak Lahir, Apa Itu Hipospadia?

Hipospadia dan jenisnya

Dikutip dari laman Departemen Urologi RSCM-FKUI, hipospadia adalah suatu kelainan pada saluran kemih atau uretra, penis, dan kulit penis.

Seseorang dengan hipospadia memiliki pembukaan uretra yang tidak terletak di ujung penis.

Uretra adalah saluran kencing yang membawa urin dari kandung kemih ke luar tubuh.

Dilansir laman resmi CDC, pada anak laki-laki dengan hipospadia, uretra terbentuk tidak normal selama kehamilan pada minggu 8-14.

Hipospadia adalah kondisi bawaan lahir di mana pembukaan uretra (saluran kemih) tidak normal. Ada tiga jenis hipospadia berdasarkan pembukaan uretra.Centers for Disease Control and Prevention, National Center on Birth Defects and Developmental Disabilities Hipospadia adalah kondisi bawaan lahir di mana pembukaan uretra (saluran kemih) tidak normal. Ada tiga jenis hipospadia berdasarkan pembukaan uretra.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber CDC
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.