Gigi Mammoth Berusia Jutaan Tahun Ilmuwan Ungkap DNA Purba Tertua

Kompas.com - 21/02/2021, 18:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

KOMPAS.com- Para ilmuwan berhasil mengurutkan genom DNA purba dari gigi mammoth berusia jutaan tahun.

Studi genom ini membuka jendela wawasan yang sebelumnya belum pernah terjadi, dalam menguak evolusi mamalia raksasa Zaman Es yang telah punah di Amerika Utara, yakni mammoth Kolombia dan mammoth wolly.

Dikutip dari National Geographic, Minggu (21/2/2021), penelitian mengurutkan genom DNA mammoth bukanlah studi yang pertama kali dilakukan, yang juga tidak akan membawa umat manusia lebih dekat untuk membangkitkan mamalia purba ini.

Sebaliknya, studi DNA yang berusia lebih dari satu juta tahun yang telah diterbitkan dalam jurnal Nature pada Rabu lalu itu, menetapkan tonggak studi DNA purba yang berkembang pesat. Sebab, studi ini hampir menggandakan rekor genom tertua di dunia yang pernah diurutkan.

Evolusi mammoth Amerika Utara

DNA tersebut berasal dari tiga mammoth molar yang ditemukan di Siberia pada awal tahun 1970-an oleh ahli paleontologi Rusia, Andrei Sher.

Baca juga: Mammoth Berbulu Berusia 10.000 Tahun Ditemukan, Masih Dilapisi Kulit dan Kotoran

Para ilmuwan ini memperkirakan bahwa DNA mammoth yang termuda ditemukan dari tiga gigi berusia sekitar 500.000 hingga 800.000 tahun, sedangkan dua yang lebih tua berusia antara satu juta hingga 1,2 juta tahun.

DNA tertua berikutnya yang pernah diurutkan dan berasal dari fosil kuda berusia hampir 700.000 tahun yang ditemukan di wilayah Yukon, Kanada.

"Mendobrak penghalang yang agak ajaib (dari fosil) berusia satu juta tahun ini, bisa dikatakan telah membuka jendela waktu baru, dan perspektif evolusioner," kata penulis utama studi, Tom van der Valk, ahli bioinformatika di Uppsala University yang mengerjakan studi tersebut di Pusat Paleogenetika di Stockholm, Swedia.

Penemuan ini menambah detail gambaran yang mengejutkan para ilmuwan tentang bagaimana mammoth Amerika Utara berevolusi.