Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gigi Mammoth Berusia Jutaan Tahun Ilmuwan Ungkap DNA Purba Tertua

Kompas.com - 21/02/2021, 18:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com- Para ilmuwan berhasil mengurutkan genom DNA purba dari gigi mammoth berusia jutaan tahun.

Studi genom ini membuka jendela wawasan yang sebelumnya belum pernah terjadi, dalam menguak evolusi mamalia raksasa Zaman Es yang telah punah di Amerika Utara, yakni mammoth Kolombia dan mammoth wolly.

Dikutip dari National Geographic, Minggu (21/2/2021), penelitian mengurutkan genom DNA mammoth bukanlah studi yang pertama kali dilakukan, yang juga tidak akan membawa umat manusia lebih dekat untuk membangkitkan mamalia purba ini.

Sebaliknya, studi DNA yang berusia lebih dari satu juta tahun yang telah diterbitkan dalam jurnal Nature pada Rabu lalu itu, menetapkan tonggak studi DNA purba yang berkembang pesat. Sebab, studi ini hampir menggandakan rekor genom tertua di dunia yang pernah diurutkan.

 

Evolusi mammoth Amerika Utara

DNA tersebut berasal dari tiga mammoth molar yang ditemukan di Siberia pada awal tahun 1970-an oleh ahli paleontologi Rusia, Andrei Sher.

Baca juga: Mammoth Berbulu Berusia 10.000 Tahun Ditemukan, Masih Dilapisi Kulit dan Kotoran

 

Para ilmuwan ini memperkirakan bahwa DNA mammoth yang termuda ditemukan dari tiga gigi berusia sekitar 500.000 hingga 800.000 tahun, sedangkan dua yang lebih tua berusia antara satu juta hingga 1,2 juta tahun.

DNA tertua berikutnya yang pernah diurutkan dan berasal dari fosil kuda berusia hampir 700.000 tahun yang ditemukan di wilayah Yukon, Kanada.

"Mendobrak penghalang yang agak ajaib (dari fosil) berusia satu juta tahun ini, bisa dikatakan telah membuka jendela waktu baru, dan perspektif evolusioner," kata penulis utama studi, Tom van der Valk, ahli bioinformatika di Uppsala University yang mengerjakan studi tersebut di Pusat Paleogenetika di Stockholm, Swedia.

Penemuan ini menambah detail gambaran yang mengejutkan para ilmuwan tentang bagaimana mammoth Amerika Utara berevolusi.

Baca juga: Lewat Fosil Ini, Ahli Pahami Cara Manusia Purba Sembelih Mammoth

 

Dalam studi ini, DNA purba pada fosil gigi mammoth yang diteliti, yakni salah satu satu spesies mammoth di Amerika Utara yakni mammoth Kolombia. Mammoth Kolombia adalah hibrida yang muncul 400.000 hingga 500.000 tahun tang lalu.

Ini adalah fakta yang terungkap karena DNA penelitian yang lebih tua secara dramatis mendahului kawin silang ini.

"Jika kita melihat organisme tingkat tinggi seperti vertebrata, saya tidak dapat memikirkan satu contoh pun di mana orang telah mengambil sampel sebelum spesies berasal," kata rekan penulis studi Love Dalén, ahli genetika di Center for Palaeogenetics.

Analisis dan pengurutan genom DNA gigi mammoth dimulai para ilmuwan pada tahun 2017, ketika Centre of Paleogenetics menerima sampel gigi dari Russian Academy of Sciences.

Baca juga: Penemuan Kerangka Mammoth Kuno di Lokasi Konstruksi Bandara Meksiko

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com