Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penemuan Kerangka Mammoth Kuno di Lokasi Konstruksi Bandara Meksiko

Kompas.com - 06/09/2020, 18:03 WIB
Dinda Zavira Oktavia ,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sekitar dua ratus kerangka mammoth kuno telah ditemukan di bawah lokasi pembangunan bandara di utara Mexico City. Tampaknya, ini adalah koleksi tulang mammoth terbesar yang telah ditemukan.

Ada begitu banyak kerangka mammoth yang ditemukan di lokasi bandara baru Santa Lucia. 

Lokasi konstruksi Bandara Internasional Felipe Angeles hanya berjarak 19,2 km dari tempat tersebut.

Dilansir dari business insider, Sabtu (5/9/2020), arkeolog di Institut Antropologi dan Sejarah Nasional Meksiko pertama kali menyadari bahwa daerah itu mungkin menyembunyikan sisa-sisa mammoth.

Baca juga: Mammoth Berbulu Berusia 10.000 Tahun Ditemukan, Masih Dilapisi Kulit dan Kotoran

Di lokasi tersebut ditemukan dua perangkap mammoth yang digali manusia pada November sebagai bagian dari penggalian rutin untuk membersihkan lahan untuk lokasi bandara.

Perangkap, di daerah yang dimaksudkan untuk digunakan sebagai tempat pembuangan sampah di kota Tultepec, berisi tulang setidaknya 14 mammoth Kolombia.

Penemuan ini bisa menjelaskan mengapa mammoth punah.

Mammoth Kolombia tiba di Amerika Utara sekitar 1 juta tahun yang lalu. Mereka berdiri setinggi 14 kaki dan hidup selama manusia: 70 hingga 80 tahun.

Tidak seperti mammoth di Eropa, mammoth ini kemungkinan tidak memiliki banyak bulu adaptasi dengan iklim Amerika Utara yang lebih hangat. Jangkauan mereka meluas dari Kanada ke Nikaragua dan Honduras.

Mammoth Kolombia punah antara 13.000 dan 10.000 tahun yang lalu, dan banyak ahli paleontologi berpikir bahwa pemburu manusia prasejarah memainkan peran utama.

Ahli paleontologi Joaquin Arroyo Cabrales mengatakan, lokasi bandara akan menjadi situs yang sangat penting untuk menguji hipotesis tentang kepunahan massal mammoth.

“Apa penyebab kepunahan hewan ini, di mana-mana terjadi perdebatan, apakah itu perubahan iklim atau keberadaan manusia,” kata Arroyo Cabrales.

"Saya pikir pada akhirnya keputusannya adalah ada efek sinergi antara perubahan iklim dan keberadaan manusia," tutur Arroyo Cabrales

Baca juga: Penemuan Langka, Fosil Mammoth Ditemukan dengan Otot Masih Menempel

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com