Laut Dalam Pantai Australia Dihuni Spesies Porifera Karnivora Ini

Kompas.com - 18/01/2021, 19:04 WIB
Salah satu spesies spons laut karnivora (Lycopodina hystrix), spons karnivora, porifera atau spons laut. Ditemukan ilmuwan di laut dalam di lepas pantai Australia. Ekins et al., Zootaxa, 2020/SCIENCE ALERTSalah satu spesies spons laut karnivora (Lycopodina hystrix), spons karnivora, porifera atau spons laut. Ditemukan ilmuwan di laut dalam di lepas pantai Australia.


KOMPAS.com- Para ilmuwan baru saja menemukan tiga spesies porifera atau spons laut jenis karnivora di laut dalam di lepas pantai Australia.

Di kedalaman ratusan meter di dalam laut, para peneliti menemukan banyak makhluk aneh seperti bintang laut dengan kaki bersilang seperti gurita, hingga ikan pemakan hiu.

Namun, ada makhluk yang masih baru untuk dikenali yakni spesies spons laut karnivora yang belum pernah terlihat sebelumnya.

"Ini menunjukkan seberapa banyak lautan dalam kita yang belum dijelajahi. Spons ini cukup unik karena hanya ditemukan di wilayah tertentu di The Great Autralian Bight, adalah wilayah tujuan untuk eksplorasi minyak laut laut dalam," kata manajer Koleksi Invertebrata Laut Sessile Queensland Museum Merrick Ekins, salah satu peneliti.

Dikutip dari Science Alert, Senin (18/1/2021), biasanya porifera adalah pengumpan filter multiseluler.

Baca juga: Ilmuwan Temukan Makhluk Baru di Laut Dalam, Mirip Balon Bertali Dua

 

 

Sebab, mereka memiliki jaringan berlubang untuk mengalirkan air, yang mana sel-selnya akan mengekstraksi oksigen dan makanan.

Spons laut atau porifera adalah makhluk yang sangat sederhana, tanpa sistem saraf, pencernaan, atau peredaran darah. Akan tetapi, makhluk laut ini telah ada dalam beberapa bentuk selama lebih dari 500 juta tahun.

Kendati demikian, spons laut karnivora penghuni laut dalam di lepas pantai Australua ini sedikit berbeda.

Beberapa spons laut karnivora masih menggunakan sistem aliran air, sementara pada ketiga spesies spons yang ditemukan tersebut, telah kehilangan kemampuan ini sama sekali.

Baca juga: 30 Spesies Baru dari Kehidupan Laut Dalam Ditemukan di Dekat Galapagos

 

Spons karnivora ini menangkap krustasea kecil dan mangsa lainnya dengan menggunakan benang atau kait.

Para ilmuwan dalam penelitian yang telah dipublikasikan dalam jurnal Zootaxa ini menemukan tiga spesies baru spons karnivora, yakni Nullarbora heptaxia, Abyssocladia oxyasters dan Lycopodina hystrix. Ketiganya juga merupakan genera baru.

Selain itu, peneliti juga menemukan spesies baru porifera di laut dalam yang tidak bersifat karnivora, Guitarra davidconryi. Semua spesies spons laut tersebut ditemukan di kedalaman antara lebih dari 163 m hingga 3.000 m.

Baca juga: Ekspedisi TRIUMPH Dimulai, Saatnya Eksplorasi Laut Dalam Indonesia

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X