Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Hari Ini: M 3,3 Guncang Sukabumi, Cianjur, Dipicu Sesar Aktif

Kompas.com - 11/01/2021, 20:44 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

KOMPAS.com - Wilayah Sukabumi, Cianjur, dan sekitarnya diguncang gempa tektonik, Senin 11 Januari 2021 pukul 19.35.05 WIB dengan magnitudo 3,3.

Menurut pengamatan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), episenter terletak pada koordinat 6,78 LS dan 106,97 BT tepatnya di darat pada jarak 16 km arah timurlaut Sukabumi Jabar pada kedalaman 10 km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalamannya, Gempa Sukabumi, Cianjur dan sekitarnya ini merupakan jenis gempa dangkal dipicu aktivitas sesar aktif yang diduga terletak di antara Gunung Gede dan Gunung Pangrango," kata Daryono, Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG dalam keterangannya.

Baca juga: Gempa Hari Ini: M 4,9 Guncang Lombok, Dipicu Sesar Aktif

Gempa ini dirasakan di sejumlah wilayah seperti Kudadampit, Cipanas, Cibodas, Cianjur, Sukabumi, dan Sukalarang dengan skala intensitas III MMI, di mana getaran dirasakan nyata dalam rumah dan terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

"Hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan sebagai dampak gempa tersebut," imbuh Daryono.

Hingga malam hari ini pukul 20.15 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan belum terjadi aktivitas gempa susulan (aftershock).

Disarankan sebaiknya bagi Anda yang berada di wilayah tersebut agar waspada dan menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah.

Serta, masyarakat di sekitar Sukabumi, Cianjur, dan sekitarnya diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu gempa bumi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Baca juga: Gempa Hari Ini: M 5,0 Guncang Laut Sulawesi, Dipicu Aktivitas Subduksi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com