Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Hari Ini: M 5,0 Guncang Laut Sulawesi, Dipicu Aktivitas Subduksi

Kompas.com - 11/01/2021, 11:27 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

KOMPAS.com - Wilayah Laut Sulawesi diguncang gempa, pada hari Senin 11 Januari 2021 pukul 08.57.30 WIB dengan magnitudo 5,0.

Episenter gempa ini terletak pada koordinat 1,14 LU dan 120,05 BT tepatnya di laut pada jarak 86 km arah Barat Kota Toli- Toli, Sulawesi Tengah pada kedalaman 47 km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalamannya, Gempa Laut Sulawesi ini merupakan jenis gempa dangkal (shallow earthquake) yang dipicu aktivitas subduksi Lempeng Laut Sulawesi ke bawah lengan utara Pulau Sulawesi," jelas Daryono, Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG.

Baca juga: Gempa Hari Ini: M 4,9 Guncang Lombok, Dipicu Sesar Aktif

Daryono menjelaskan, hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa ini memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault).

Guncangan gempa ini dirasakan di Toli-toli dan sekitarnya dalam skala intensitas II-III MMI, di mana guncangan dirasakan nyata dalam rumah, seakan akan truk berlalu.

"Beberapa warga sempat berlari keluar rumah akibat guncangan gempa yang terjadi dengan tiba-tiba," imbuh Daryono.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut.

Kendati berpusat di laut, hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.

Hingga siang hari ini pukul 10.00 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan belum terjadi aktivitas gempa susulan (aftershock).

Baca juga: Sriwijaya Air SJ 182 Jatuh, BMKG Imbau Maskapai Penerbangan Waspada Awan Cumulonimbus Pekan Ini

Disarankan sebaiknya bagi Anda yang berada di wilayah tersebut agar waspada dan menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah.

Serta, masyarakat di sekitar Toli-toli, Sulawesi, diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu gempa bumi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com