Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Hari Ini: M 4,9 Guncang Lombok, Dipicu Sesar Aktif

Kompas.com - 11/01/2021, 08:03 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

KOMPAS.com - Wilayah Lombok Utara diguncang gempa, Senin 11 Januari 2021 pukul 06.40.15 WITA atau 5.40 WIB dengan magnitudo 4,9.

Episenter terletak pada koordinat 8,30 LS dan 116,23 BT tepatnya di darat pada jarak 10 km arah Timur Laut Lombok Utara-NTB, pada kedalaman 11 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalamannya, Gempa Lombok Utara ini merupakan jenis gempa kerak dangkal yang dipicu aktivitas sesar aktif.

Baca juga: Sriwijaya Air SJ 182 Jatuh, BMKG Imbau Maskapai Penerbangan Waspada Awan Cumulonimbus Pekan Ini

"Diduga pembangkit gempa ini adalah Sesar Naik Flores (Flores Thrust) yang juga pembangkit rangkaian gempa kuat dan meruak di Lombok tahun 2018," ujar Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono, kepada Kompas.com Senin (11/1/2021).

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault).

Dampak gempa berdasarkan laporan masyarakat dan peta tingkat guncangan (shake map) menunjukkan bahwa guncangan gempa dirasakan di Lombok Utara, Lombok Barat, dan Kota Mataram dalam skala intensitas III MMI, di mana getaran dirasakan nyata seakan-akan ada truk yang sedang berlalu).

"Beberapa warga dilaporkan sempat berlarian keluar rumah akibat terkejut karena guncangan yang terjadi secara tiba-tiba," kata Daryono.

Hingga pukul 07.30 WITA belum ada laporan dampak kerusakan gempa.

Baca juga: BMKG: Waspada Cuaca Ekstrem di Puncak Musim Hujan Januari - Februari

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com