Kompas.com - 11/01/2021, 07:00 WIB

KOMPAS.com - Setelah tiba di Bumi pada 5 Desember 2020 lalu, ilmuwan akhirnya merilis foto sampel material asteroid Ryugu untuk pertama kalinya.

Sampel dari Ryugu itu mungkin tak terlihat istimewa. Penampakannya seperti kerikil, berwarna hitam yang menyerupai batu bara.

Namun terlepas dari tampilannya yang biasa saja, batuan tersebut punya arti penting bagi ilmu pengetahuan. Terlebih karena sampel ini berasal dari asteroid yang jaraknya hampir 9 juta kilometer dari Bumi.

Baca juga: Tak Cuma Sampel Asteroid Ryugu, Hayabusa-2 juga Bawa Pulang Materi Ini

Seperti dikutip dari Science Alert, Minggu (10/1/2021) sampel material asteroid Ryugu ini dikumpulkan oleh misi Hayabusa-2 Jepang.

Hayabusa-2 berhasil mengumpulkan lebih banyak sampel dari yang diharapkan para astronom, yakni sekitar 5,4 gram.

Material tersebut tak hanya didapat di permukaan asteroid, tetapi juga di bawah permukaan asteroid.

Bagi para ilmuwan, ini merupakan pencapaian yang luar biasa karena sampel asteroid lain yang dikumpulkan di luar angkasa hanya berasal dari permukaan.

Sampel asteroid diperkirakan berusia lebih dari 4,5 miliar tahun yang serupa dengan umur Tata Surya awal.

Dengan kata lain, sampel tersebut mengandung material kuno yang pernah membentuk Matahari dan planet-planet yang mengorbitnya.

Ryugu sendiri merupakan asteroid tipe C yang berarti batuannya sangat berpori dan mengandung banyak karbon dan air. Para astronom menduga asteroid terbentuk miliaran tahun yang lalu di suatu tempat di sabuk asteroid antara Mars dan Jupiter.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.