Kompas.com - 11/01/2021, 07:00 WIB
Foto sampel material yang didapat dari asteroid Ryugu. sciencealertFoto sampel material yang didapat dari asteroid Ryugu.

KOMPAS.com - Setelah tiba di Bumi pada 5 Desember 2020 lalu, ilmuwan akhirnya merilis foto sampel material asteroid Ryugu untuk pertama kalinya.

Sampel dari Ryugu itu mungkin tak terlihat istimewa. Penampakannya seperti kerikil, berwarna hitam yang menyerupai batu bara.

Namun terlepas dari tampilannya yang biasa saja, batuan tersebut punya arti penting bagi ilmu pengetahuan. Terlebih karena sampel ini berasal dari asteroid yang jaraknya hampir 9 juta kilometer dari Bumi.

Baca juga: Tak Cuma Sampel Asteroid Ryugu, Hayabusa-2 juga Bawa Pulang Materi Ini

Seperti dikutip dari Science Alert, Minggu (10/1/2021) sampel material asteroid Ryugu ini dikumpulkan oleh misi Hayabusa-2 Jepang.

Hayabusa-2 berhasil mengumpulkan lebih banyak sampel dari yang diharapkan para astronom, yakni sekitar 5,4 gram.

Material tersebut tak hanya didapat di permukaan asteroid, tetapi juga di bawah permukaan asteroid.

Bagi para ilmuwan, ini merupakan pencapaian yang luar biasa karena sampel asteroid lain yang dikumpulkan di luar angkasa hanya berasal dari permukaan.

Sampel asteroid diperkirakan berusia lebih dari 4,5 miliar tahun yang serupa dengan umur Tata Surya awal.

Dengan kata lain, sampel tersebut mengandung material kuno yang pernah membentuk Matahari dan planet-planet yang mengorbitnya.

Ryugu sendiri merupakan asteroid tipe C yang berarti batuannya sangat berpori dan mengandung banyak karbon dan air. Para astronom menduga asteroid terbentuk miliaran tahun yang lalu di suatu tempat di sabuk asteroid antara Mars dan Jupiter.