Usai Roket RX450-5, LAPAN Targetkan Misi Penelitian Atmosfer pada 2025

Kompas.com - 05/12/2020, 13:05 WIB
Peluncuran roket RX450-5 hasil litbang LAPAN LAPANPeluncuran roket RX450-5 hasil litbang LAPAN

KOMPAS.com - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional ( LAPAN) melalui satuan kerja Pusat Teknologi Roket (Pustekroket) baru saja melakukan uji terbang dengan meluncurkan roket eksperimen RX450-5 pada Rabu (2/12/2020) di Balai Uji Teknologi dan Pengamatan Antariksa dan Atmosfer Garut (BUTPAAG).

Menyusul keberhasilan ini, LAPAN menargetkan misi penelitian atmosfer pada tahun 2025.

Kepala Pustekroket, Lilis Mariani menjelaskan bahwa dalam misi penelitian tersebut, LAPAN akan melakukan penelitian terkait karakteristik atmosfer Indonesia, antara lain temperatur, tekanan udara, ozon, karbon dioksida (CO2) dan elektromagnetik.

"Penelitian tersebut dilakukan dengan melepaskan muatan roket yang berisikan sensor-sensor untuk mengukur parameter atmosfer tersebut di atas (atmosfer)," kata Lilis kepada Kompas.com, Jumat (4/12/2020).

Baca juga: LAPAN Baru Saja Luncurkan Roket RX450-5, Apa Tujuannya?

"Penelitian (misi penelitian atmosfer) ini bermanfaat untuk kajian cuaca atau iklim dan komunikasi," imbuhnya.

Lilis juga berkata bahwa misi penelitian atmosfer ini sedang dalam pembahasan misi untuk tahun 2025. 

Adapun tahapan yang akan dan harus dikerjakan untuk mencapai target misi penelitian atmosfer tersebut adalah desain roket, pembuatan roket, uji kualifikasi di darat dan uji terbang.

Nah, uji terbang roket RX450-5 yang dilakukan beberapa hari lalu merupakan baseline dari roket jangkauan 100 km lebih yang akan menjadi awal pengembangan roket dua tingkat dalam program Prioritas Riset Nasional (PRN).

Uji terbang tersebut juga merupakan bentuk upaya dalam penguasaan teknologi keantariksaan.

Baca juga: Membedah Rencana Misi Antariksa Hope di Mars

Sementara itu, roket dua tingkat LAPAN sendiri ditargetkan dapat mengudara pada tahun 2025 dengan misi penelitian atmosfer pada ketinggian 200 km.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X