Kompas.com - 13/11/2020, 17:05 WIB
Ilustrasi ayam organik sehat. SHUTTERSTOCK/GOODBISHOPIlustrasi ayam organik sehat.

KOMPAS.com - Seekor ayam betina dan ayam jantan berkokok tentu akan melakukan perkawinan, namun ayam betina tidak harus bertemu ayam jago untuk bertelur. Ada hal mengejutkan dari kehidupan ayam.

Perkawinan ayam tidak terlalu sulit, sehingga hal tersebut memungkinkan keluarga yang memelihara ayam di daerah perkotaan hingga pinggir kota, bahkan tidak memerlukan biaya yang sangat besar untuk menghasilkan telur.

Melansir Scoop From the Coop, (14/2/2017), Jika ayam jago diperlukan untuk merangsang betina bertelur, maka tentu akan membutuhkan fasilitas yang lebih besar untuk menampung ayam jantan yang membutuhkan makan tetapi tidak bertelur.

Hingga akhirnya biaya untuk menghasilkan telur akan lebih tinggi.

Baca juga: Peneliti Ungkap Domestikasi Ayam Pertama Terjadi di Asia

Ayam jantan menyenangkan untuk dilihat, saat mereka berjalan di sekitar kandang memamerkan bulu mereka yang indah.

Ayam jantan umumnya akan melindungi kawanannya dari penyusup. Hingga ketika memiliki ayam jantan dalam kawanan, memungkinkan orang mengamati proses perkawinan ayam yang tidak biasa. Sangat berbeda dari cara mamalia kawin.

Seekor ayam jantan sering kali menggunakan sejenis pemanasan dengan berjingkrak di sekitar ayam betina dan berkicau sebelum menungganginya.

Dikutip dari Animals mom, (12/11/2020) bahwa ayam jantan juga merayu ayam dengan serangkaian gerakan. Pertama, mereka menjatuhkan sayap dan "menari" mengelilingi betina dalam lingkaran, dengan sayap yang jatuh tertahan di dalam.

Jika betina tertarik menerimanya, ayam betina akan menurunkan punggungnya. Ayam jantan kemudian menungganginya, mencengkeram bagian belakang lehernya dengan paruhnya untuk menenangkan diri selama masa perkawinan.

Perpindahan sperma terjadi dengan cepat tanpa penetrasi normal pada mamalia kawin. Jantan akan menggoyankan ekornya dan ekor betina, sehingga kloaka atau lubang mereka bertemu dan sperma masuk.

Ini disebut "ciuman kloaka" dan membutuhkan sedikit senam unggas, agar kedua burung dapat memposisikan diri agar kloaka mereka bertemu. Jumlah penyimpanan sperma yang ada sekitar 100 juta dan 5 miliar pada kloaka ayam betina.

Kloaka pada ayam betina hanya memiliki satu lubang belakang dengan tiga fungsi. Di sinilah kotoran dan telur keluar dari tubuhnya dan sperma masuk.

Kloaka ayam jantan hanya memiliki dua fungsi. Salah satunya adalah buang air besar. Cara lainnya adalah untuk mentransfer sperma ke ayam betina.

Baca juga: Fosil Nenek Moyang Ayam Ditemukan di Belgia, Dijuluki Wonder Chicken

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X