Fosil Nenek Moyang Ayam Ditemukan di Belgia, Dijuluki Wonder Chicken

Kompas.com - 21/03/2020, 12:03 WIB
Gambar rekonstruksi burung Asteriornis maastrictensis masa Cretaceous. Merupakan rekonstruksi dari fosil nenek moyang ayam yang disebut Wonder Chicken yang ditemukan di Belgia. Phillip KrzeminskiGambar rekonstruksi burung Asteriornis maastrictensis masa Cretaceous. Merupakan rekonstruksi dari fosil nenek moyang ayam yang disebut Wonder Chicken yang ditemukan di Belgia.


KOMPAS.com - Fosil dinosaurus, selama ini sebagian besar menguak sejarah para reptil. Kali ini, berbeda dengan fosil ayam di Belgia yang dijuluki Wonder Chicken.

Melansir VOA Indonesia, Sabtu (21/3/2020), nama tersebut diberikan para ilmuwan dari Amerika Serikat dan Inggris pada fosil nenek moyang ayam ini.

Fosil berumur 66 juta tahun itu disebut sebagai nenek moyang burung modern paling awal yang selama ini diketahui.

Baca juga: Fosil Ikan Purba Ungkap Asal Muasal Jari Tangan Manusia

Penemuan fosil ayam bernama Asteriornis maastrichtensis di Belgia ini telah dipublikasikan dalam jurnal Nature.

Awalnya, para peneliti meyakini hanya tulang kaki biasa yang muncul dari batu yang pecah.

Sampai ketika para ilmuwan melakukan pemindaian pada fosil itu, menunjukkan adanya tengkorak dalam kondisi awet muncul di layar komputer.

Daniel Field, ahli paleontologi Universitas Cambridge mengatakan tengkorak ini adalah salah satu fosil tengkorak burung yang paling awet dari setiap zaman.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X