Es Laut Arktik Terus Mencair, Sungai yang Memanas Disebut Penyebabnya

Kompas.com - 09/11/2020, 11:05 WIB
Salah satu tempat terdingin di planet Bumi. Pemandangan es alam dari gunung glasier di Spitsbergen Longyearbyen Svalbard, Samudra Arktik. SHUTTERSTOCK/ginger_polina_bublikSalah satu tempat terdingin di planet Bumi. Pemandangan es alam dari gunung glasier di Spitsbergen Longyearbyen Svalbard, Samudra Arktik.


KOMPAS.com- Lapisan es di kutub-kutub Bumi kian mengkhawatirkan, banyak di antaranya mulai mencari. Salah satunya yang tengah terjadi di Arktik.

Lapisan es di wilayah kutub utara ini terus mencair akibat suhu yang semakin hangat.

Sebuah studi baru menunjukkan adanya peningkatan panas dari sungai Arktik yang menjadi penyebab es laut di Samudra Arktik mencair.

Bahkan, akibat sungai-sungai ini suhu atmosfer juga semakin menghangat.

Menurut studi yang telah dipublikasikan di jurnal Science Advances belum lama ini, sejumlah sungai besar di Arktik memberikan kontribusi panas yang jauh lebih besar pada Samudra Arktik dari pada yang pernah terjadi pada tahun 1980-an.

Baca juga: Es di Permukaan Laut Arktik Berkurang Mendekati Rekor Terendah

 

Dikutip dari Phys, Senin (9/11/2020), suhu panas pada sungai disebut yang bertanggung jawab atas hilangnya 10 persen es laut yang terjadi dari tahun 1980 hingga 2015 di salah satu wilayah utama di Lautan Arktik.

Sebab, pencairan tersebut setara denagn sekitar 120.000 mil persegi es setebal 1 meter.

"Jika Alaska tertutup oleh es setebal 1 meter, 20 persen Alaska akan hilang," kata Igor Polyakov, rekan penulis dan ahli kelautan di Pusat Penelitian Arktik Internasional dan Institut Meteorologi Finlandia Fairbanks Universitas Alaska.

Studi ini dipimpin oleh Japan Agency for Marine-Earth Science and Technology, dengan penulis dari sejumlah negara seperti Amerika Serikat, Uni Emirat Arab, Finlandia dan Kanada.

Saat musim semi, sungai memberi dampak besar dan membuat air yang memanas mengalir ke Lautan Arktik yang tertutup es dan menyebar ke bawah.

Halaman:


Sumber PHYSORG
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X