5 Fakta Gempa Selatan Jawa Pangandaran, Dekat Pusat Tsunami 2006

Kompas.com - 26/10/2020, 13:07 WIB
Ilustrasi gempa bumi ShutterstockIlustrasi gempa bumi

KOMPAS.com - Minggu (25/10/2020) pukul 7.56 WIB, wilayah Samudera Hindia Selatan Jawa diguncang gempa tektonik.

Hasil analisis BMKG menunjukkan, parameter update kekuatan gempa adalah M 5,6.

Episenter gempa terletak pada koordinat 8,2 LS dan 107,86 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 88 km arah Barat Daya Kota Pangandaran, Jawa Barat pada kedalaman 62 km.

Gempa yang mengguncang Jawa Barat dan terasa di Jawa Tengah hingga Yogyakarta  berdampak menyebabkan 29 rumah rusak dan 3 orang luka-luka.

Baca juga: Gempa Hari Ini: M 5,9 Guncang Pangandaran, Terasa Hingga Yogyakarta

Menurut Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono, gempa ini sangat menarik untuk dicermati mengingat guncangannya yang berdampak merusak dan dirasakan hingga jarak yang jauh hingga Semarang dan Yogyakarta.

Berikut 5 fakta menarik terkait peristiwa gempa ini, yaitu:

1. Lokasi gempa dekat pusat pembangkit Tsunami Pangandaran

Daryono menganalisis, lokasi pusat gempa relatif dekat dengan pusat gempa pembangkit tsunami Pangandaran 17 Juli 2006 yang menyebabkan sebanyak 668 orang meninggal.

"Pusat gempa 25 Oktober 2020 kemarin terletak di sebelah utara. Sejauh 131 km dari pusat gempa berkekuatan 7,7 pembangkit Tsunami Pangandaran 2006," kata Daryono dalam keterangan resminya.

2. Ada patahan

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X