Wahana NASA Bocor, Terlalu Banyak Kumpulkan Sampel Asteroid Bennu

Kompas.com - 26/10/2020, 10:03 WIB
Ilustrasi asteroid Bennu dengan wahana antariksa OSIRIS-REx. NASAIlustrasi asteroid Bennu dengan wahana antariksa OSIRIS-REx.

KOMPAS.com - Saat ini salah satu misi NASA sedang berada di asteroid Bennu untuk mengambil sampel yang dapat mempelajari penciptaan Tata Surya.

Asteroid Bennu berukuran sangat besar dan jaraknya sekitar 320 juta kilometer dari Bumi.

Namun karena wahana NASA, OSIRIS-REx, mengambil terlalu banyak material, sebuah batu besar justru terjepit di pintunya.

Menurut pernyataan NASA pada Jumat (24/10/2020), kondisi ini membuat sampel bebatuan asteroid Bennu tumpah ke luar angkasa.

Baca juga: Wahana NASA Mendarat di Asteroid Bennu, Selidiki Penciptaan Tata Surya

Dilansir Reuters, lengan OSIRIS-REx pada Selasa (21/10/2020) malam menendang puing-puing bebatuan dari asteroid Bennu. Hal ini membuat material terjebak dalam perangkat pengumumpulan.

Dari gambar yang dipancarkan ke kontrol darat mengungkapkan bahwa OSIRIS-REx mengambil lebih banyak material dari yang diperkirakan. Akhirnya batuan asteorid yang kelebihan muatan dimuntahkan ke luar angkasa.

Tim misi OSIRIS-REx berusaha keras untuk menyimpan perangkat pengumpul untuk mencegah lebih banyak tumpahan.

"Waktu sangat penting," kata Thomas Zurbuchen, administrator asosiasi sains NASA kepada wartawan.

"Tim misi kami akan melewatkan kesempatan untuk mengukur berapa banyak material yang dapat dikumpulkan. Diharapkan dapat mengumpulkan materi seperti yang direncanakan dan melanjutkan ke fase penyimpanan," imbuhnya.

Fase penyimpanan disebut Zurbuchen adalah proses sulit untuk menyelipkan wadah pengumpul sampel ke posisi aman di dalam pesawat ruang angkasa tanpa mengeluarkan material berharga.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Reuters
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X