Hari Kontrasepsi Sedunia, Mengenal Jenis Kontrasepsi dan Kegunaannya

Kompas.com - 26/09/2020, 19:05 WIB
Ilustrasi alat kontrasepsi atau KB. SHUTTERSTOCK/areeya_annIlustrasi alat kontrasepsi atau KB.

KOMPAS.com - Hari Kontrasepsi Sedunia jatuh pada hari ini (26/9/2020). Untuk merayakannya, Kompas.com mengulas beberapa jenis alat kontrasepsi yang ada berserta kekurangan dan kelebihannya.

Sebelum itu, perlu diketahui bahwa kontrasepsi digunakan dengan tujuan untuk mencegah kehamilan.

Seorang wanita bisa hamil jika sperma pria mencapai salah satu sel telurnya (ovum).

Dilansir dari artikel NHS, 2 Januari 2019, alat kontrasepsi bisa menghentikan kehamilan dengan cara memisahkan sel telur dan sperma, menghentikan produksi telur, menghentikan gabungan sperma dan telur (telur yang telah dibuahi) yang menempel pada lapisan rahim.

Berikut adalah beberapa jenis alat kontrasepsi yang tersedia di Indonesia, seperti dilansir dari Hellosehat.com:

Metode kontrasepsi alami

Pasangan yang tidak menggunakan metode kontrasepsi dikarenakan faktor agama, budaya, atau keluarga bisa memilih hal ini metode kontrasepsi alami, antara lain:

1. Sistem KB berdasarkan kalender

Caranya dengan menentukan tanggal masa subur wanita, dan menghindari berhubungan seks pada masa subur tersebut.

Kelebihan dari metode ini adalah tidak perlu mengeluarkan biaya dan tidak menggunakan alat atau hormon. Bahkan, sudah ada aplikasi yang dapat membantu Anda menghitung tanggal subur hingga menstruasi dengan mudah.

Sayangnya, metode kontrasepsi ini sering kali kurang efektif dengan tingkat kegagalan mencapai 20 persen.

Baca juga: Kontrasepsi Identik dengan Perempuan, Adakah yang untuk Pria?

2. Menyusui

Menyusui rupanya bisa menjadi metode kontrasepsi alami. Pasalnya, ibu yang menyusui anaknya secara eksklusif, tidak bisa mengalami pembuahan selama 10 minggu pertama.

Kelebihannya sama seperti sistem kalender. Akan tetapi, metode ini juga kurang efektif karena biasanya pasangan yang menggunakan metode ini menunggu haid pertama setelah melahirkan untuk berhenti berhubungan seks. Padahal, masa pembuahan terjadi sebelum adanya menstruasi. 

Metode kontrasepsi penghalang fisik

1. Kondom

Salah satu metode kontrasepsi penghalang fisik yang paling umum digunakan adalah kondom. Alat kontrasepsi ini bisa digunakan pada pria dan wanita.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X