Studi Baru, Tingkat Radiasi di Bulan 200 Kali Lebih Tinggi dari Bumi

Kompas.com - 26/09/2020, 17:01 WIB
Ilustrasi astronot lakukan misi di permukaan Bulan. Ilustrasi astronot lakukan misi di permukaan Bulan.

KOMPAS.com - Eksplorasi ruang angkasa memiliki banyak risiko, salah satunya adalah paparan radiasi luar angkasa.

Di luar gelembung pelindung yang merupakan medan magnet Bumi, partikel dari Matahari dan seluruh galaksi merupakan bahaya serius bagi kesehatan manusia.

Dilaporkan dalam Science Advances, para peneliti menghitung tingkat radiasi yang diterima astronot di Bulan. Itu ratusan kali lebih banyak dibanding di Bumi.

Baca juga: Akan Mendarat di Bulan pada 2024, Ini Misi yang Harus Diselesaikan NASA

Tim memperkirakan bahwa dosis radiasi yang setara yang dialami astronot setiap hari adalah sekitar 1,3 miliSievert (unit yang mengukur dosis radiasi yang diterima dari sumber radioaktif).

Itu 2,6 kali lebih tinggi dari pengalaman astronot dan kosmonot di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

"Untuk tingkat radiasi yang kami ukur di Bulan sekitar 200 kali lebih tinggi daripada di permukaan Bumi dan 5 hingga 10 kali lebih tinggi daripada dalam penerbangan dari New York ke Frankfurt," kata Robert Wimmer-Schweingruber, penulis studi yang terkait dalam sebuah pernyataan.

"Karena astronot akan terpapar pada tingkat radiasi ini lebih lama daripada penumpang atau pilot pada penerbangan transatlantik, ini adalah paparan yang cukup besar," imbuhnya seperti dilansir IFL Science, Jumat (25/9/2020).

Tingkat radiasi ini sulit untuk dibayangkan, tetapi paparan dalam sehari di Bulan diperkiran lebih tinggi dari paparan rata-rata orang Amerika dalam waktu setahun (1 milliSievert), menurut Badan Perlindungan Lingkungan AS.

Orang-orang yang secara khusus bekerja dengan radiasi hanya diperbolehkan terpapar maksimum 50 milliSievert dalam satu tahun.

Namun, seorang astronot di Bulan akan melewati ambang itu dalam 38 hari dan 12 jam.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X