BMKG: Waspada Gelombang Tinggi hingga 6 Meter di Perairan Indonesia

Kompas.com - 10/09/2020, 18:30 WIB
Ilustrasi gelombang tinggi KOMPAS.com/ ROSYID ASZHARIlustrasi gelombang tinggi

KOMPAS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG) memperingatkan warga pesisir untuk waspada akan potensi gelombang tinggi kategori rendah (0,5-1,25 meter) hingga kategori sangat tinggi (4-6 meter) di sejumlah perairan Indonesia.

Dipaparkan dalam siaran pers yang dibagikan oleh BMKG hari ini, peningkatan gelombang tinggi ini terjadi akibat adanya sirkulasi udara di Laut Natuna Utara.

BMKG memantau pola angin di wilayah Indonesia pada umumnya bergerak dari tenggara-barat daya dengan kecepatan antara 6-25 knot.

Akibat hal ini, ada potensi peningkatan gelombang berkategori rendah (0,5-1,25 meter) di beberapa wilayah seperti Selat Malaka bagian tengah, Perairan Riau, perairan Kepulauan Batam, perairan Kepulauan Bintan, Laut Natuna, Selat Karimata bagian utara dan Selat Gelasa.

Baca juga: Sebagian Wilayah Akan Alami Musim Hujan Lebih Basah, Ini Saran BMKG

Kemudian, Selat Sunda bagian utara, perairan Kepulauan Seribu, Teluk Jakarta, perairan Semarang-Demak, Selat Sape bagian utara, perairan Kalimantan Timur, Laut Maluku, perairan barat Kep. Halmahera, perairan utara Papua Barat, dan perairan Pulau Biak-Jayapura.

Sementara itu, ada potensi peningkatan gelombang kategori sedang (1,25-2,5 meter) di Selat Malaka bagian utara, Selat Karimata bagian selatan, perairan Gresik-Surabaya, Laut Jawa bagian barat-tengah-timur, Laut Bali, Selat Bali bagian utara, dan Selat Lombok bagian utara.

Hal yang sama juga terpantau di Laut Flores, Perairan Kotabaru, perairan Kep. Selayar, Selat Makassar bagian selatan dan tengah, Perairan selatan Ambon, Laut Banda, dan Laut Seram.

Gelombang dengan kategori lebih tinggi (2,4-4 meter) berpotensi terjadi di Selat Bali bagian selatan, Selat Lombok bagian selatan, Selat Sape bagian selatan, perairan Kupang-P. Rotte, serta Laut Arafuru.

Baca juga: 3 Faktor Pemicu Awal Musim Hujan Terjadi Akhir Oktober, Menurut BMKG

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X