3 Faktor Pemicu Awal Musim Hujan Terjadi Akhir Oktober, Menurut BMKG

Kompas.com - 09/09/2020, 13:06 WIB
Ilustrasi hujan lebat di daerah tropis. SHUTTERSTOCKIlustrasi hujan lebat di daerah tropis.

KOMPAS.com - Awal musim hujan periode tahun 2020-2021 diprediksi akan mulai terjadi pada akhir Oktober mendatang.

Pernyataan tersebut dikeluarkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika ( BMKG) berdasarkan hasil pemantauan perkembangan musim kemarau dari bulan Mei hingga akhir Agustus 2020.

Berdasarkan analisis BMKG, perkembangan musim kemarau hingga akhir Agutus 2020 menunjukkan bahwa hampir seluruh wilayah Indonesia yaitu sekitar 87 persen sudah mengalami musim kemarau.

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati menyatakan bahwa pemantauan BMKG hingga akhir Agustus tersebut menemukan beberapa kondisi atmosfer yang menunjang peningkatan curah hujan, di antaranya adalah:

Baca juga: BMKG Prediksi Awal Musim Hujan Indonesia Jatuh di Akhir Oktober

1. Potensi La-Nina

Pada Agustus 2020 lalu, BMKG memantau adanya anomali suhu muka laut pada zona Ekuator di Samudera Pasifik yang menunjukkan adanya potensi La-Nina dengan indeks Nino 3.4= -0,69.

"(Potensi La-Nina ini) yang berpotensi mengakibatkan peningkatan curah hujan di sebagian wilayah Indonesia pada saat musim hujan nanti," kata Dwikorita.

Hal ini disebutkan sejalan dengan prediksi institusi meteorologi dunia lainnya yang menyatakan ada peluang munculnya anomali iklim (La-Nina).

Untuk diketahui, La-Nina berkaitan dengan lebih dinginnya suhu muka laut di Pasifik Ekuator dan lebih panasnya suhu muka laut wilayah Indonesia.

Hal ini akan menambah suplai uap air untuk pertumbuhan awan-awan hujan di wilayah Indonesia dan menghasilkan peningkatan curah hujan.

Baca juga: September Kemarau tapi Masih Berpotensi Hujan, Begini Analisis BMKG

2. Kondisi IOD Negatif

Di Samudera Hindia, pemantauan BMKG terhadap anomali suhu muka laut menunjukkan kondisi Indian Ocean Dipole (IOD) negatif dengan indeks IOD yaitu -0.47.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X