Kompas.com - 10/09/2020, 16:02 WIB
ilustrasi pasien Covid-19 SHUTTERSTOCK/Gorodenkoffilustrasi pasien Covid-19


KOMPAS.com- Secara global jumlah kasus orang terinfeksi Covid-19 masih terus bertambah dari hari ke hari, termasuk di negara Indonesia.

Data kasus corona Indonesia hingga Rabu, (9/9/2020) pukul 12.00 WIB memperlihatkan ada 3.307 kasus baru terkonfirmasi infeksi Covid-19 dalam 24 jam terakhir.

Penambahan itu menyebabkan secara akumulatif ada 203.342 kasus Covid-19 di Tanah Air, terhitung sejak diumumkannya pasien pertama pada 2 Maret 2020.

Sementara, kematian sudah mencapai 8.336 kasus, yaitu sekitar 4.099 persen dari kasus corona yang terkonfirmasi.

Hal ini mengkhawatirkan banyak pihak, tidak hanya masyarakat tetapi juga pemerintah dan petugas kesehatan sebagai garda terdepan dalam menangani pasien Covid-19.

Baca juga: Kasus Corona Meningkat, Bisakah Pembuatan Vaksin Dipercepat?

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

Sebab, yang menjadi korban bahkan sampai meninggal dunia dari infeksi virus SARS-CoV-2 penyebab penyakit Covid-19 ini tdak hanya masyarakat biasa melainkan juga petugas kesehatan.

Pasalnya, petugas kesehatan dianggap sebagai aset yang berharga dalam masa pandemi Covid-19.

Sehingga, Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) sebagai perhimpunan yang bertujuan untuk memberikan pelayanan kesehatan penyakit paru yang optimal kepada masyarakat memberikan himbauan kepada pemerintah Republik Indonesia, sebagai berikut.

Baca juga: Kasus Corona Indonesia Tak Seburuk Prediksi, Diduga karena Vaksinasi

 

1. Kesehatan dan keselamatan menjadi prioritas

Ketua Umum Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), DR Dr Agus Dwi Susanto SpPK FISR FAPSR menyampaikan bahwa kesehatan adalah hak seluruh rakyat Indonesia termasuk dalam kondisi pandemi Covid-19.

Oleh sebab itu, kesehatan dan keselamatan rakyat Indonesia harus menjadi prioritas pemerintah RI.

2. Penanganan belum optimal

Dengan bertambah dan tidak terkontrolnya sebaran kasus, maka pemerintah harus menyadari bahwa penanganan pandemi Covid-19 belum maksimal selam tujuh bulan ini.

Sehingga, pemerintah harus melakukan langkah-langkah tegas dan nyata dalam mengendalikan pandemi Covid-19.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X