Kompas.com - 24/08/2020, 20:31 WIB
Ilustrasi burung kacer KOMPAS.com/Akbar Bhayu TamtomoIlustrasi burung kacer


KOMPAS.com- Saat matahari mulai terbit, hiruk pikuk kicauan burung-burung terdengar saling saut menyaut.

Siapa sangka, hal yang sangat lumrah kita dengar hampir setiap hari itu ternyata punya arti tersendiri bagi burung-burung tersebut.

Menurut sebuah penelitian baru, kicauan nyaring dari burung-burung itu rupanya merupakan bentuk pemanasan atau latihan vokal.

Dengan melakukan pemanasan lebih awal dan sering maka burung bakal memiliki performa kicauan yang lebih baik di siang hari.

Baca juga: Air Mata Burung dan Reptil Ternyata Mirip Manusia, Ini Kandungannya

 

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Sepertinya mereka melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum matahari terbit," ungkap Stephen Nowicki, peneliti dari Duke Univeristy, seperti dikutip dari Futurity, Senin (24/8/2020).

Sebelumnya, peneliti telah mengajukan berbagai hipotesis mengapa kicauan burung terdengar paling keras di pagi hari.

Salah satu teorinya adalah itu merupakan waktu terbaik untuk berkicau karena tak banyak angin yang menganggu suara mereka. Sementara teori lain menyebut, kegiatan berkicau mereka lakukan sembari menunggu hari terang untuk berburu serangga.

Namun studi baru yang diterbitkan di jurnal Animal Behaviour menunjukkan hal lain mengenai kicauan burung di pagi hari ini yaitu pemanasan vokal.

Halaman:


Sumber Futurity
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X