Kompas.com - 17/08/2020, 18:03 WIB
Gletser di Gunung Everest yang mencair mengungkapkan hal-hal misterius yang ada dibawah permukaan es. science alertGletser di Gunung Everest yang mencair mengungkapkan hal-hal misterius yang ada dibawah permukaan es.


KOMPAS.com – Sebuah gletser di Islandia untuk pertama kalinya mencair sepenuhnya. Berdasarkan data NASA Earth Observatory, gletser tersebut masih berupa lapisan es solid pada 1986.

Warga, aktivis, dan pemerintah Islandia berkabung atas ‘wafatnya’ gletser Okjokull yang memiliki luas 15 kilometer persegi tersebut. Mereka juga berkabung karena masifnya perubahan iklim yang berpengaruh langsung terhadap kehidupan mereka.

Baca juga: Ikan di Lautan Hadapi Ancaman Pemanasan Global, Ini Dampaknya

Mengutip The Independent, Senin (17/8/2020), berikut 6 tanda pemanasan global telah mengubah hidup kita:

1. Kota-kota yang tidak bisa ditinggali

Banyak kota di dunia yang memiliki suhu panas dan tidak akan bisa ditinggali di masa depan.

Sebuah studi yang dipublikasikan oleh University of Maryland menyebutkan, tahun lalu, suhu kota-kota di Amerika Serikat akan memanas pada 2080.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Akibat Pemanasan Global, Biota Laut Migrasi ke Kawasan Kutub

Kota Denver di Colorado akan memiliki suhu panas yang sama dengan Borger. Sementara itu, Texas dan Philadelpia akan memiliki suhu lebih pnas dan kering seperti Memphis dan Tennessee.

New York diperkirakan akan memanas sebanyak 5 derajat Celcius.

Chandana Mitra, Associate Professor of Geosciences di Auburn University mengatakan kepada Guardian, “Mungkin dalam 50 atau 60 tahun, kita tidak akan tahan hidup di beberapa kota.”

2. Peningkatan kematian akibat suhu yang memanas

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X