Kompas.com - 17/08/2020, 08:01 WIB


KOMPAS.com - Dirgahayu Republik Indonesia, tepat di hari ini, Senin (17/8/2020), bangsa Indonesia memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke 75 tahun.

Peringatan HUT ke-75 RI di tahun ini, mungkin terasa berbeda, karena di tengah pandemi virus corona, kemeriahan kemerdekaan tak begitu terasa.

Namun, dibalik peringatan bersejarah ini, ada beberapa fakta sejarah yang menarik di tanggal 17 Agustus, yakni sebagai berikut.

1. Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Tepat 75 tahun lalu, 17 Agustus 1945, Ir Soekarno membacakan Naskah Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, yang ditulisnya sendiri.

Baca juga: Bukan di Istana Merdeka, Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Dilakukan di Tempat Ini

Momentum itu menandai pernyataan sikap bangsa Indonesia untuk lepas dari belenggu penjajahan Belanda selama 350 tahun menguasai negeri ini.

2. Naskah proklamasi dibaca di rumah Soekarno

Jika setiap peringatan HUT RI dipusatkan di Istana Merdeka, namun sebenarnya kemerdekaan Indonesia diproklamirkan di rumah Soekarno.

Sejarawan Universitas Indonesia Bondan Kanumoyoso mengatakan naskah proklamasi dibacakan oleh Ir Soekarno, di kediamannya yang dulu beralamatkan di Jalan Pegangsaan Timur Nomor 56.

"Atau sekarang bernama Jalan Proklamasi. Tetapi sekarang proklamasi diselenggarakan di Istana Merdeka," kata Bondan seperti diberitakan Kompas.com, Senin (10/8/2020).

Baca juga: Kenapa Sultan HB IX Bisa Satukan Warga Jogja Dukung Kemerdekaan?

3. Istana Merdeka bekas jantung kolonialisme

Setiap tahun peringatan Dirgahayu Republik Indonesia selalu dipusatkan di Istana Merdeka oleh presiden. Tak heran jika banyak anak muda membayangkan peristiwa penting ini dilakukan di tempat yang sama.

"Padahal Istana Merdeka yang sekarang, dulunya adalah kediaman Gubernur Jenderal Hindia Belanda. Jadi agak ironi, kita merayakan kemerdekaan kita justru di jantung kolonialisme," jelas Bondan.

Sementara itu, kediaman Bapak Proklamator Indonesia, Soekarno, saat ini sudah berganti fungsi dan jejak sejarah ini pada akhirnya ikut menghilang.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.