Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hamil di Tengah Pandemi? Simak Anjuran Pemeriksaan dari Dokter Kandungan

Kompas.com - 24/06/2020, 19:30 WIB
Ellyvon Pranita,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bagi beberapa wanita, hamil di tengah pandemi Covid-19 mungkin menjadi dilema. Terutama karena Anda harus memeriksakan kandungan ke Fasilitas Layanan Kesehatan (Fasyankes).

Dokter Spesialis Kandungan Primaya Hospital Karawang, dr Fredy Lisnan SpOG mengatakan bahwa berdasarkan penelitian yang ada, seorang ibu hamil memiliki risiko terinfeksi Covid-19 yang sama besarnya dengan orang yang tidak sedang hamil.

Namun, beberapa penelitian lain juga menunjukkan bahwa sebagian besar wanita hamil akan memiliki gejala yang parah jika terinfeksi Covid-19 pada trimester ketiga.

Baca juga: Tips Jaga Kehamilan Aman bagi Ibu Hamil di Tengah Pandemi Covid-19

Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) merekomendasikan agar selama pandemi Covid-19 wanita yang tengah hamil rutin melakukan pemeriksaan kandungan.

"Pada dasarnya, untuk memastikan kondisi kehamilan dalam keadaan yang sehat, sebaiknya ibu hamil tetap memeriksa kondisi kehamilannya secara rutin," kata Fredy.

Jika memungkinkan, carilah rumah sakit yang memberikan fasilitas pelayanan kesehatan terpisah antara pasien dengan penyakit infeksius dan pasien non-infeksius. Akan tetapi, pemeriksaan tersebut tidak perlu Anda lakukan pada setiap bulan ataupun setiap trimester.

Pada trimester 1, pemeriksaan bersifat tidak wajib apabila tidak disertai dengan keluhan yang mengkhawatirkan.

Baca juga: Ini Prosedur Melahirkan untuk Ibu Hamil Positif Covid-19

Ketika usia kandungan Anda sudah memasuki trimester 2, upayakan untuk sebisa mungkin dapat memanfaatkan teknologi yang ada yaitu melalui telekonsultasi klinis (telemedicine).

Sedangkan, pemeriksaan yang sangat wajib dilakukan yaitu pada trimester 3.

"Ini wajib dilakukan dengan tujuan utama untuk mempersiapkan proses persalinan," kata dia.

Ilustrasi USG Ilustrasi USG

Fredy berkata, tidak ada perbedaan prosedur pemeriksaan kehamilan atau proses antenatal care selama pandemi Covid-19.

"Hanya saja, ibu hamil akan diperiksa oleh dokter, perawat, dan atau bidan yang mengenakan Alat Pelindung Diri (APD) yang lengkap," ujar dia.

Patuhi protokol kesehatan

Fredy mengingatkan selama pandemi Covid-19 ini, Anda yang akan melakukan pemeriksaan kehamilan harus mengikuti protokol keamanan di dalam rumah sakit. Seperti penggunaan masker, mencuci tangan sebelum memasuki gedung rumah sakit, pengecekan suhu, dan menjaga jarak aman antar pasien.

Sementara itu, pada kondisi secara umum, Fredy menyarankan beberapa hal berikut kepada Anda yang saat ini sedang hamil di tengah pandemi Covid-19.

- Upayakan menjaga jarak aman dengan orang lain di mana pun berada

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com