Hamil di Tengah Pandemi? Simak Anjuran Pemeriksaan dari Dokter Kandungan

Kompas.com - 24/06/2020, 19:30 WIB
Ilustrasi hamil HoneyrikoIlustrasi hamil

KOMPAS.com - Bagi beberapa wanita, hamil di tengah pandemi Covid-19 mungkin menjadi dilema. Terutama karena Anda harus memeriksakan kandungan ke Fasilitas Layanan Kesehatan (Fasyankes).

Dokter Spesialis Kandungan Primaya Hospital Karawang, dr Fredy Lisnan SpOG mengatakan bahwa berdasarkan penelitian yang ada, seorang ibu hamil memiliki risiko terinfeksi Covid-19 yang sama besarnya dengan orang yang tidak sedang hamil.

Namun, beberapa penelitian lain juga menunjukkan bahwa sebagian besar wanita hamil akan memiliki gejala yang parah jika terinfeksi Covid-19 pada trimester ketiga.

Baca juga: Tips Jaga Kehamilan Aman bagi Ibu Hamil di Tengah Pandemi Covid-19

Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) merekomendasikan agar selama pandemi Covid-19 wanita yang tengah hamil rutin melakukan pemeriksaan kandungan.

"Pada dasarnya, untuk memastikan kondisi kehamilan dalam keadaan yang sehat, sebaiknya ibu hamil tetap memeriksa kondisi kehamilannya secara rutin," kata Fredy.

Jika memungkinkan, carilah rumah sakit yang memberikan fasilitas pelayanan kesehatan terpisah antara pasien dengan penyakit infeksius dan pasien non-infeksius. Akan tetapi, pemeriksaan tersebut tidak perlu Anda lakukan pada setiap bulan ataupun setiap trimester.

Pada trimester 1, pemeriksaan bersifat tidak wajib apabila tidak disertai dengan keluhan yang mengkhawatirkan.

Baca juga: Ini Prosedur Melahirkan untuk Ibu Hamil Positif Covid-19

Ketika usia kandungan Anda sudah memasuki trimester 2, upayakan untuk sebisa mungkin dapat memanfaatkan teknologi yang ada yaitu melalui telekonsultasi klinis (telemedicine).

Sedangkan, pemeriksaan yang sangat wajib dilakukan yaitu pada trimester 3.

"Ini wajib dilakukan dengan tujuan utama untuk mempersiapkan proses persalinan," kata dia.

Ilustrasi USG Ilustrasi USG

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X