Siklon Tropis Nuri Picu Cuaca Ekstrem seperti Banjir di Gorontalo, Ini Wilayah Waspada

Kompas.com - 13/06/2020, 12:32 WIB
Sejumlah warga melintasi banjir untuk mengungsi ke tempat yang lebih tinggi di Kota Timur, Kota Gorontalo, Gorontalo, Kamis (11/6/2020) malam. Data sementara dari pemerintah setempat mencatat sebanyak 1.150 warga terdampak banjir dengan ketinggian air mencapai 1,5 meter. ANTARA FOTO/ADIWINATA SOLIHINSejumlah warga melintasi banjir untuk mengungsi ke tempat yang lebih tinggi di Kota Timur, Kota Gorontalo, Gorontalo, Kamis (11/6/2020) malam. Data sementara dari pemerintah setempat mencatat sebanyak 1.150 warga terdampak banjir dengan ketinggian air mencapai 1,5 meter.


KOMPAS.com- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika ( BMKG) memantau adanya pembentukan Siklon Tropis Nuri di sekitar Laut China Selatan sebelah barat Filipina.

Pelaksana Tugas Bidang Meteorologi BMKG Drs Herizal Msi mengatakan siklon Nuri terpantau pada pukul 19.00 WIB, Jumat (12/6/2020) dengan intensitasnya cenderung menguat hingga 24 jam ke depan.

Selain cenderung menguat, siklon Nuri itu juga bergerak ke arah barat laut semakin menjauhi wilayah Indonesia.

Baca juga: Banjir Gorontalo Dipicu Fenomena Shearline, Apa Itu? Ini Penjelasan BMKG

Menurut Herizal, adanya siklon tropis Nuri ini juga akan berpengaruh terhadap cuaca ekstrem, bisa berupa hujan yang berpotensi terjadi bahkan dengan intensitas tinggi atau durasi yang lama.

Sehingga, berisiko memicu bencana hidrometeorologi berupa banjir, longsor bahkan banjir bandang.

Ilustrasi cuaca ekstremShutterstock Ilustrasi cuaca ekstrem

Baca juga: Cuaca Ekstrem di Gorontalo, Warga Perlu Antisipasi Bencana Hidrometeorologi

 

Seperti yang terjadi pada tanggal 11 Juni 2020 di Kecamatan Bone, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo.

"Beberapa hari terakhir, kejadian hujan sedang-lebat terjadi di wilayah Indonesia. Bahkan di beberapa wilayah telah memicu bencana banjir," kata Herizal.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X