Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMKG: Potensi Cuaca Ekstrem 3 Hari Mendatang, Ini Daftar Wilayahnya

Kompas.com - 05/06/2020, 19:03 WIB
Ellyvon Pranita,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menjelang akhir pekan, masyarakat di sejumlah wilayah Indonesia perlu waspada akan potensi cuaca ekstrem berupa hujan lebat disertai angin kencang, kilat, atau petir.

Berdasarkan analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), potensi cuaca ekstrem ini akan terjadi hingga tiga hari mendatang karena dipicu oleh berbagai kondisi atmosfer.

Pelaksana Tugas Deputi Bidang Meteorologi Drs Herizal Msi dalam keterangan tertulisnya menyebutkan ada intrusi udara kering dari Belahan Bumi Utara (BBU) yang melintasi wilayah Samudera Pasifik Utara Papua.

"Keadaan ini menyebabkan daerah di depan muak intrusi kondisi udara menjadi lebih lembab," kata Herizal.

Baca juga: Cuaca Panas Melanda Jakarta, Sudahkah Masuk Musim Kemarau?

Massa udara basah di lapisan rendah terkonsentrasi di sebagian besar wilayah Indonesia kecuali di Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Tengah Maluku Utara dan Maluku.

Selain itu, ada sekitar 17 daerah provinsi di Indonesia yang memiliki potensi konvektif dari faktor lokal dengan nilai indeks labilitas atmosfer sedang hingga kuat.

Terdapat daerah tekanan rendah di Samudera Hindia Barat Daya Sumatera serta sirkulasi siklonik di Samudera Hindia Selatan Jawa Timur. Konvergensi memanjang dari Sumatera barat hingga Bengkulu, di Laut Timor.

Daerah belokan angin terdapat di Sumatera bagian Tengah, Kalimantan, Sulawesi Tengah, Maluku Utara dan Samudra Pasifik Utara Papua. Low Level Jet dengan kecepatan angin mencapai lebih dari 25 knot di Samudera Hindia Barat Sumatera dan Samudra Pasifik Timur Philipina.

Baca juga: BMKG Deteksi Siklon Tropis Mangga, Waspada Dampak Cuaca Ekstrem

Dari berbagai kondisi atmosfer tersebut, berikut daftar wilayah yang berpeluang terjadi cuaca ekstrem berupa hujan lebat bahkan disertai angin kencang.

Hujan lebat, 5 Juni:

- Riau

- Kepulauan Riau

- Kepulauan Bangka Belitung

- Lampung

- Jawa Tengah

- Kalimantan Tengah

- Kalimantan Utara

- Sulawesi Tengah

- Sulawesi Tenggara

- Maluku Utara

Hujan lebat, 6 Juni

- Kalimantan Tengah

- Kalimantan Utara

- Sulawesi Tengah

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com