Seberapa Penting Vaksin untuk Hentikan Pandemi Covid-19?

Kompas.com - 22/05/2020, 18:03 WIB
Ilustrasi vaksin corona ShutterstockIlustrasi vaksin corona

KOMPAS.com - Saat ini, banyak ahli dan perusahaan bioteknologi yang mengembangkan vaksin Covid-19.

Vaksin diharapkan dapat membantu mengurangi angka penularan virus corona jenis baru yaitu SARS-CoV-2, penyebab Covid-19. Sedangkan, yang terjadi saat ini jumlah kasus pasien terinfeksi Covid-19 masih terus meningkat.

Berdasarkan data terkini di dunia yang dihimpun hingga pukul 09.10 WIB, Jumat (22/5/2020), tercatat sebanyak 5.195.106 orang yang positif terinfeksi Covid-19. Sebanyak 34.616 pasien meninggal dunia, dan 2.080.923 dinyatakan sembuh.

Baca juga: Update Corona 22 Mei: 5,19 Juta Orang Terinfeksi dan 2 Juta Sembuh

Sementara di Indonesia, hingga Kamis (21/5) pukul 12.00 WIB jumlah kasus pasien konfirmasi positif Covid-19 sudah mencapai 20.162 kasus.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengeluarkan keterangan bahwa kemungkinan besar vaksin untuk Covid-19 baru dapat didistribusikan secara massal kepada masyarakat dunia pada akhir tahun 2021.

Kenapa kita sangat membutuhkan vaksin untuk melawan Covid-19?

Pakar sains dari AIM Biologicals Groups, Dr Fadhil Ahsan mengatakan bahwa kita membutuhkan vaksin karena berkaitan dengan sistem kekebalan tubuh.

Baca juga: Pengembangan Vaksin Covid-19 di Dunia Berbeda Kategorinya, Apa Saja?

Imunitas atau sistem kekebalan tubuh selalu digaungkan menjadi cara terbaik untuk bertahan tetap dalam kondisi sehat tanpa keluhan, meskipun bahkan virus SARS-CoV-2 sudah masuk ke dalam tubuh manusia.

Fadhil menyebutkan sistem kekebalan tubuh manusia terdiri dari dua lapisan.

1. Lapisan non-spesifik

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X