NASA Membuat Foto Luar Angkasa Menjadi Musik, Bikin Merinding

Kompas.com - 04/05/2020, 09:02 WIB
Gambar dari teleskop Hubble yang diambil pada Agustus 2018. NASAGambar dari teleskop Hubble yang diambil pada Agustus 2018.


KOMPAS.com – Luar angkasa memang tidak ada habisnya untuk dijelajahi. Salah satu teleskop buatan manusia yang telah menjelajah berbagai sudut luar angkasa adalah Hubble Space Telescope ( Teleskop Hubble) milik NASA.

Teleskop Hubble telah menangkap banyak sekali gambar, termasuk foto-foto galaksi tetangga dari Bima Sakti. Namun, baru-baru ini NASA melakukan sesuatu yang baru terhadap foto tersebut.

NASA menyulap sebuah foto yang diambil oleh Teleskop Hubble menjadi sebuah komposisi musik. Foto tersebut diambil menggunakan Hubble Advanced Camera for Surveys dan Wide-Field Camera pada Agustus 2018.

Baca juga: NASA Rayakan Ulang Tahun Ke-30 Hubble dengan Gambar Menakjubkan Ini

Foto ini dipilih karena dianggap sebagai “harta karun galaksi”, melihat banyaknya galaksi yang tersebar dalam foto tersebut.

“Setiap galaksi adalah gabungan dari bintang yang tak terhitung jumlahnya,” begitu keterangan NASA seperti dikutip dari Science Alert, Senin (4/5/2020).

Sekilas, gambar tersebut tampak seperti pendaran cahaya yang muncul dari berbagai sudut dan level terang masing-masing. Namun, foto ini berbicara lebih dari itu, karena setiap pendaran cahaya merupakan gabungan dari benda langit yang tak terhitung jumlahnya.

Gambar dari teleskop Hubble yang diambil pada Agustus 2018.NASA Gambar dari teleskop Hubble yang diambil pada Agustus 2018.

Saat NASA menambahkan komposisi musik pada foto tersebut, hasilnya adalah sebuah gabungan nada yang cukup membuat bulu kuduk berdiri.

“Waktu berubah dari sebelah kiri menuju kanan, dan frekuensi suaranya berubah dari bawah ke atas, mulai dari 30-1.000 Hertz,” begitu tulis NASA.

Obyek yang berada pada bawah gambar menghasilkan nada yang lebih rendah. Sementara itu, obyek yang berada pada atas gambar menghasilkan nada yang tinggi.

Baca juga: Teleskop Hubble Tangkap Potret Terbaru Saturnus, Ternyata Seindah Ini

Meski awalnya terdengar agak menyeramkan, komposisi musik dari gambar ini menciptakan sebuah melodi yang indah, terutama saat musiknya mencapai tengah gambar, tepat pada klaster galaksi bernama RXC J0142.9+4438.

“Galaksi yang besar-besar ada pada bagian tengah gambar menghasilkan nada harmonis yang tidak terlalu tinggi ataupun rendah dalam video,” tambah NASA.

Simak videonya di sini:

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X