Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Haruskah Kita Menyemprot Belanjaan dengan Disinfektan? Ahli Menjawab

Kompas.com - 12/04/2020, 18:30 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

KOMPAS.com – Saat wabah Covid-19 seperti sekarang, belanja bahan makanan ke supermarket atau pasar tradisional menjadi momok tersendiri. Hal ini karena tempat umum seperti pusat perbelanjaan berpotensi besar dalam penularan virus corona.

Menggunakan masker dan sarung tangan adalah salah satu upaya untuk mencegah tertularnya virus corona. Namun bagaimana dengan belanjaan yang Anda bawa pulang?

Beberapa orang menyemprotkan disinfektan pada barang belanjaan untuk memastikan taka da virus yang terbawa ke dalam rumah. Namun apakah hal itu efektif?

Baca juga: Cegah Corona: WHO Tak Sarankan Semprot Disinfektan, Ini Solusi LIPI

Ahli mikrobiologi dan pakar keamanan makanan dalam situs pengecek fakta Metafact.io, Donald Schaffner, menyebutkan bahwa tak ada alasan ilmiah untuk menyemprotkan disinfektan pada barang belanjaan.

“Jika Anda takut barang belanjaan terkontaminasi kuman, saya menyarankan agar Anda yang mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer,” tuturnya seperti dilansir dari Science Alert, Minggu (12/4/2020).

Bagaimana jika belanjaan tersebut adalah bahan makanan? Schaffner menyebutkan hal yang sama harus dilakukan, yaitu cuci tangan sebelum mengonsumsinya.

Baca juga: Catat, Daftar Produk Rumah Tangga untuk Disinfeksi Virus Corona

“Bahan makanan tidak perlu disemprot disinfektan, cukup dicuci saja,” tambahnya.

Apakah mencuci bahan makanan harus menggunakan sabun? Schaffner menjawab tidak.

“Sabun bukanlah untuk mencuci bahan makanan. Jika tertelan, sabun bahkan bisa menyebabkan pusing, muntah-muntah, sampai diare,” paparnya.

Para ilmuwan termasuk Food and Drug Administration (FDA) merekomendasikan semua orang untuk mencuci bahan makanan dengan air mengalir yang dingin (dari keran).

Tas belanja

Banyak orang menggunakan tas belanja sendiri saat pergi ke supermarket atau pasar. Hal ini tentu merupakan tindakan yang bijak dalam mengurangi sampah plastik.

Namun, jangan lupakan kebersihan tas belanja Anda. Schaffner merekomendasikan agar Anda mencuci tas belanja secara reguler.

Baca juga: Kandungan Kimia Bilik Disinfeksi, Ini Dampaknya jika Disemprotkan ke Tubuh Manusia

“Jika takut tas belanja Anda terkontaminasi virus corona, Anda bisa mencucinya. Jangan lupa cuci tangan setelah Anda selesai membereskan barang belanjaan,” tutur ia.

Kini semakin banyak supermarket yang menyediakan hand sanitizer. Gunakanlah dengan bijak. Kemudian, Schaffner juga menghimbau Anda untuk membuat daftar belanjaan sehingga agenda berbelanja lebih efektif dan tidak memakan waktu lama.

“Jangan lupa praktekkan social distancing, jika memungkinkan 1,8 meter dari orang lain. Saat keluar dari supermarket, gunakan kembali hand sanitizer,” tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com