Kandungan Kimia Bilik Disinfeksi, Ini Dampaknya jika Disemprotkan ke Tubuh Manusia

Kompas.com - 05/04/2020, 10:03 WIB
Bilik Disinfektan yang disediakan Balitbang Provinsi Sumut ramai didatangi warga, Jumat (27/3/2020) Dok: Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provinsi SumutBilik Disinfektan yang disediakan Balitbang Provinsi Sumut ramai didatangi warga, Jumat (27/3/2020)

KOMPAS.com - Oleh masyarakat, disinfektan tidak hanya digunakan untuk mensterilisasi benda mati. Buktinya, kini banyak bilik disinfeksi yang ditujukan untuk sterilisasi tubuh warga.

Hal ini menimbulkan polemik karena dianggap berdampak buruk bagi kesehatan orang tersebut.

Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat, dr Kirana Pritasari MQIH, menyampaikan bahwa hanya sebagian jenis mikroorganisme patogen yang memang bisa mati karena bilik disinfeksi atau chamber itu.

Baca juga: Cegah Corona: WHO Tak Sarankan Semprot Disinfektan, Ini Solusi LIPI

The Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menyebutkan, disinfektan tidak menghilangkan patogen jenis spora bakteri yang terdapat di permukaan benda mati non-biologis seperti pakaian, lantai, dan dinding.

"Desinfeksi dilakukan terhadap permukaan lantai, dinding, peralatan, dan lain-lain, ruangan, pakaian, dan alat pelindung diri (APD)," kata Kirana.

Bilik Disinfektan di BluebirdIstimewa Bilik Disinfektan di Bluebird
Dijelaskan Kirana bahwa berdasarkan informasi dari lapangan berbagai macam zat yang digunakan untuk bilik desinfeksi memiliki banyak unsur kimia, setidaknya minimal sebagai berikut.

- Diluted bleach atau larutan pemutih berupa natrium hipoklorit

- Klorin dan sejenisnya

- Etanol 70 persen

- Amonium kuarternee seperti benzalkonium klorida

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X