Kompas.com - 06/04/2020, 18:30 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber PHYSORG

KOMPAS.com - Simbiosis unik antara cacing dan bakteri ini ditemukan para ilmuwan di dasar laut yang dalam. Keduanya bersama-sama memanen metana di laut dalam.

Para ilmuwan di Caltech and Occidental College telah menemukan simbiosis dalam bahan bakar metana antara bakteria dan cacing di dasar laut.

Seperti melansir Phys, Senin (6/4/2020), penemuan ini memberi cahaya baru pada ekologi lingkungan laut dalam.

Ilmuwan menemukan bakteri dari keluarga Methylococcaceae menumpang pada bulu-bulu yang bertindak sebagai organ pernapasan cacing Laminatubus dan Bispira.

Methylococcaceae adalah metanotrof, artinya bakteri ini memanen karbon dan energi dari metana, sebuah molekul yang terdiri dari karbon dan hidrogen.

Baca juga: Mahluk Mirip Cacing Ini Mungkin Moyang Seluruh Hewan, Begini Wujudnya

Cacing-cacing ini memiliki panjang beberapa inci, dan ditemukan dalam jumlah banyak di dekat rembesan metana di laut dalam.

Lokasi itu merupakan lubang di dasar samudera tempat cairan yang kaya akan hidrokarbon keluar ke lautan. Tidak jelas mengapa cacing-cacing ini lebih menyukai lubang angin tersebut.

Ternyata, bakteri memanen metana dengan menyerap karbon dan energi yang ada pada unsur minyak bumi tersebut. Kemudian, bakteri ini perlahan dicerna oleh cacing-cacing ini yang menumpang pada tubuh mereka.

Dengan kata lain, dengan sedikit bantuan dan beberapa langkah tambahan, cacing itu sendiri telah menjadi metanotrof.